Minggu, 13 Desember 2015

Bagaimana Cara Budidaya Labu Kuning yang menghasilkan?

Masyarakat kita pasti sudah tidak merasa asing lagi dengan labu kuning. Labu atau yang disebut juga dengan waloh merupakan tanaman pangan yang banyak dibudidayakan oleh masyarakat Indonesia. labu ini biasa disajikan dalam bentuk kolak. Pernahkah anda menyantap kolak labu kuning? Jika pernah bagaimana rasanya di lidah.. enak bukan? Nah itulah cita rasa dari labu kuning. Kembali ke soal tentang budidaya labu kuning. Bagaimanakah cara menanam dan cara budidaya labu kuning? Budidaya labu kuning hampir sama dengan budidaya labu siam. Sama-sama mudah dilakukan dan tidak banyak memerlukan biaya perawatan.
Budidaya labu kuning cukup prospektif dan menjanjikan keuntungan yang lumayan besar. banyak orang melakukan usaha budidaya ini sebab masa panen tanaman ini sangat pendek yakni 3-4 bulan. Pangsa pasar buah labu ini untuk saat ini cukup besar. terlebih jika pada pada masa bulan Ramadhan permintaan pasar terhadap buah ini begitu besar. nah kondisi ini tentu haru dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk pemasukan keluarga anda.

Analisa dan Prospek Budidaya Labu Kuning

Persiapan budidaya labu kuning

Labu kuning merupakan pohon merambat. Pohon ini berkembang melalui bijinya. Bila anda berkeinginan melakukan usaha budidaya labu kuning anda harus membuat persiapan dan perencanaan terlebih dahulu. Apa sih persiapan yang mesti dilakukan ketika akan menerjuni dunia usaha budidaya labu kuning. Persiapan yang mesti harus dilakukan adalah menyiapkan benih labu kuning. Benih ini bisa anda beli dari petani labu kuning secara langsung. Jika anda tinggal di desa benih labu tersebut bisa anda minta ke tetangga.


Berikutnya menyediakan lahan yang akan dijadikan tempat budidaya labu kuning. Lahan ini bisa dengan menyewa dan bisa juga milik sendiri. lahan yang akan ditanami labu kuning tidak boleh terlalu basah sebab jika terlalu basah apalagi lahannya mudah dapat terdapat genangan air maka akan membuat buah labu kuning ini tidak bagus kualitasnya. Bahkan fatalnya bisa menjadikan buah menjadi busuk.

Budidaya labu kuning dan cara merawatnya

Setelah semuanya sudah siap benih labu kuning yang sudah disiapkan ditanamkan ke lahan yang sudah disiapkan. Antara tanaman satu dengan tanaman lainnya beri jarak kurang lebih 30 cm agar tanaman nanti ketika tumbuh tidak terlalu semrawut. Jangan lupa pada awal-awal penanaman harus selalu disiram setiap sore dan paginya agar biji labu tidak mati. Ketika sudah tumbuh tunas barupun sama. Selalu diberi air. Hingga sampai pohon sudah besar. anda harus mewaspadai budidaya labu kuning yang anda tanam tersebut. pohon tersebut harus anda beri perawatan yang baik. Bila tanaman terkena hama maka harus cepat di tangani dengan cepat. Jika tidak maka tanaman yang anda budidaya tersebut bisa ludes diserang hama. Apa saja hama yang bisa menyerang? Hama yang biasa menyerang pohon ini ialah ulat, wereng, dan tikus. Tunggulah hingga tanaman ini berbuah dan buahnya sudah siap dipanen. Umur buah labu kuning ini adalah 3-4 bulan.

Bagaimana Cara Budidaya Labu Kuning yang menghasilkan? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: baju bola