Selasa, 05 Januari 2016

Budidaya Pisang Cavendish Metode Sederhana Kualitas Terbaik

Pisang yang dikenal banyak orang dan disukainya ini memang memiliki kaya vitamin, mineral, karbohidrat, tepung dan serat didalamnya. Buah ini akan sangat cocok dikonsumsi oleh siapa saja terutama anak-anak. Memilih berbisnis pisang dengan cara membudidayakan nya, pisang cavendish adalah salah satu pilihan yang bisa dibuat. Walaupun tidak banyak yang sudah melakukan budidaya pisang cavendish, dengan cara ini tentunya anda malah akan mendapatkan banyak keuntungan dengan hasil panen yang akan didapatkan. Cara terbaik untuk menghasilkan keuntungan bisnis pisang cavendish yang tidak banyak diketahui oleh masyarakat, anda bisa menanam pohonnya dengan menghasilkan cita rasa yang manis seperti jenis pisang biasanya.

Peluang Budidaya Pisang Cavendish

Jenis Pisang

Sebelum melakukan budidaya pisang, ada baiknya jika anda mengetahui beberapa jenis pisang supaya anda bisa memilih jenis pisang yang mana yang akan mampu memberikan keuntungan maksimal saat akan membudidayakannya. Beberapa jenis pisang yang ada di Indonesia diantaranya pisang lilin, pisang kepok, pisang ambon, pisang berlin, pisang raja, pisang cavendish, dan masih banyak yang lainnya. Untuk jenis pisang cavendish sendiri ini memang masih belum banyak dikenal orang. Namun perlu anda tahu, bahwa nama lain dari pisang cavendish adalah pisang ambon putih. Budidaya pisang cavendish memang masih belum terlalu banyak. Jadi jika para pebisnis ingin melakukannya, kemungkinan ini langkah awal dalam menciptakan hasil kualitas pisang yang manis dengan tekstur yang sempurna.

Proses Budidaya Pisang Cavendish

Proses budidaya pisang cavendish sebenarnya ini memiliki langkah dan cara yang sama seperti dengan proses pisang yang lainnya. Namun karena tidak banyak orang yang tahu akan jenis pisang ambon putih ini, maka kini anda bisa membudidayakannya dengan menciptakan kualitas rasa manis dengan teksturnya yang sempurna. Untuk menghasilkan panen budidaya tanaman pisang cavendish dengan rasa manis dan tekstur yang sempurna, langkah dan kiat sukses untuk memilikinya anda bisa gunakan cara berikut, yaitu:
  1. Pemilihan bibit unggul
  2. Pilih pupuk terbaik
  3. Pilih lahan dengan kualitas penggemburan yang sangat sempurna
  4. Tahu akan cara merawatnya
Keempat proses ini jika anda tahu akan cara melakukannya, maka akan dipastikan anda mampu menghasilkan kualitas buah pisang cavendish yang sangat baik.


Pemilihan bibit unggul memang faktor utama dalam mendapatkan hasil panen yang sempurna. Buah pepaya ini dikenal sebagai buah yang memiliki daging putih kekuningan, dengan rasa manis asam dan teksturnya yang lunak. Kulitnyapun juga sedikit tebal dengan warna kuning kehijauan. Untuk bisa memanen buah ini, akan dibutuhkan waktu selama 12 bulan. Namun sebelum memanennya, anda harus tahu akan bagaimana cara menanam dan memelihara budidaya pisang cavendish yang sudah dipilih tersebut untuk bisnis menguntungkan anda. 

Pertama, cara menanamnya ada bisa membuat lubang dengan ukuran 20 cm x 20 cm dengan kedalamannya mencapai 20 cm. Jarak penanaman harus optimal yaitu 3x3 m. Setelah lubang lahan sudah digali, masukkan pupuk kandang 2 kg, pupuk puradon 1 sdm, dan pupuk NPK, 1 sdm. Diamkan tanah kurang lebih 3 hari, ini dilakukan untuk mengurangi dampak akan terjadinya panas yang akan bisa ditimbulkan. Setelah 3 hari lamanya, bibit unggul budidaya pisang cavendish yang sudah disiapkan bisa ditanam di lahan yang sudah disediakan. Dan untuk merawatnya, anda bisa memberikan pupuk tiap 2 bulan sekali dengan takaran 1 sdm yaitu pupuk NPK. Selain itu, anda harus berjaga dan membuang ulat yang ada di sekitar tanaman supaya pisang tidak rusak dan cacat.

Budidaya Pisang Cavendish Metode Sederhana Kualitas Terbaik Rating: 4.5 Diposkan Oleh: baju bola