Sabtu, 26 Desember 2015

Cara Tepat Budidaya Jamur Kancing Bagi Pemula

Berbagai jenis jamur yang dapat di konsumsi salah satunya ada jamur kancing yang mempunyai banyak sebutan yaitu dalam Bahasa latinnya agaricus bisporus dan di sebut dengan button mushroom atau jamur champignon. Sebagian orang beranggapan bahwa jamur kancing ini hampir sama dengan jamur merang dan yang membedakan yaitu pada jamur kancing terdapat batang yang bentuknya menyerupai cincin. Jamur ini pertama kali di budidayakan di negara Prancis dan saat ini sudah banyak di temukan di Indonesia. Apabila di olah maka rasa dari jamur kancing ini sangat lezat dan menyerupai daging. Tingginya permintaan konsumen akan jamur kancing ini membuka peluang besar untuk melakukan budidaya jamur kancing. Hal ini di karenakan jamur kancing mempunyai kandungan vitamin dan mineral serta bebas dari lemak sehingga banyak di minati oleh para konsumen. Cara pemeliharaan jamur kancing juga dapat di lakukan dengan mudah berdasarkan panduan di bawah ini.

Rahasia Cara Budidaya Jamur Kancing

Tahap Penyediaan Media Tanam

Budidaya Jamur Kancing
Pada budidaya jamur kancing ini media tanam harus di perhatikan dengan benar. Media yang di gunakan yaitu jerami padi, bekatul, dan kapur pertanian. Kemudian sediakan pupuk urea, pupuk ZA, dan pupuk TSP. Setelah itu maka melakukan pengomposan dengan cara memotong jerami padi kemudian di cuci hingga bersih lalu di tiriskan dan di jaga kelembabannya. Setelah itu jerami dapat di tumpuk setinggi 15 cm yang di atasnya di beri sedikit bekatul dan kapur. Pada keesokan harinya tumpukan jerami dapat di balik dan beri pupuk urea. Setelah 6 hari maka dapat di beri pupuk ZA kemudian di ratakan. Dan di hari yang ke 10 maka pemberian pupuk TSP dapat di lakukan.


Tahap pada budidaya jamur kancing yang berikutnya yaitu melakukan sterilisasi pada media tanam. Caranya yaitu dengan meletakkan media di atas rak dan di letakkan pada ruangan kumbung jamur. Setelah itu uap panas yang berasal dari rebusan air yang berada pada pembangkit uap di atur hingga suhu mencapai 65 derajat celcius. Setelah itu ventilasi ruangan dapat di buka dan suhu dalam ruangan harus di jaga kestabilannya.

Tahap Penanaman Bibit Jamur

Pada budidaya jamur kancing berikutnya yaitu proses tanam bibit jamur. Bibit dapat mulai di tanam ketika suhu pada ruangan mencapai 32 derajat celcius. Media tanah yang di gunakan yaitu media yang telah di tumbuhi dengan miselium dan gunakan tanah coklat yang memiliki pori. Ph tanah juga harus di jaga dan harus terbebas dari hama dan penyakit. Tanah perlu di sterilisasi terlebih dahulu sebelum di gunakan. 

Proses tanam pada budidaya jamur kancing ini harus menunggu selama 2 minggu masa tanam dan setelah itu akan tumbuh buah jamur kancing. Jika buah sudah muncul maka ventilasi harus di buka sehingga proses tumbuh kembang jamur dapat berjalan dengan cepat. Setelah 3 hari jamur sudah dapat di panen. Cara pembudidayaan jamur kancing ini tergolong sangat mudah hanya yang perlu di perhatikan benar yaitu masalah suhu saja.

Cara Tepat Budidaya Jamur Kancing Bagi Pemula Rating: 4.5 Diposkan Oleh: baju bola