Senin, 14 Desember 2015

Cara Budidaya Lengkuas Yang Baik Dan Benar

Siapa sih yang tidak kenal dengan lengkuas? Lengkuas menjadi salah satu bahan untuk bumbu masak. Nama lain dari lengkuas adalah laos (orang jawa menyebutnya laos). Lengkuas termasuk jenis tanaman rimpang yang cara berkembang biaknya memakai akar rimpang. Karena tanaman ini menjadi salah satu tanaman yang sangat dibutuhkan oleh banyak orang maka tidak sedikit orang yang melakukan usaha budidaya lengkuas. Pertanyaannya adalah bagaimana cara budidaya lengkuas itu?
Gambar Tanaman Lengkuas
Budidaya lengkuas tidaklah sulit karena tidak memerlukan perawatan yang begitu rumit dan ketat. Kebetulan hama tanaman ini tidak banyak seperti hama pada tanaman padi, jagung, kedelai dan lain sebagainya. Bisa dikatakan setelah ditanam tanaman ini dibiarkan saja nanti tetap akan memberikan hasil bagi penanamnya. Bagaimana sih profit atau keuntungan dari kegiatan usaha budidaya lengkuas? Berbicara masalah keuntungan, budididaya lengkuas bisa memberikan keuntungan yang cukup besar bagi anda. sebab lengkuas pada saat ini banyak yang membutuhkannya. Pastinya anda penasaran kepingin mencoba melakukan usaha budidaya lengkuas?

Persiapan budidaya lengkuas

Segala sesuatu perlu ada persiapan. Persiapan menjadi hal yang penting dalam akan melakukan sesuatu. Termasuk ketika akan melakukan budidaya lengkuas. Persiapan ini tak hanya bagi anda yang pemula, bagi yang sudah terbiasa juga harus persiapan terlebih dahulu. Apa saja yang mesti dipersiapkan? Yang jelas ialah lahan terlebih dahulu. Lahan yang akan dijadikan tempat budidaya lengkuas. Apakah lahan yang akan dijadikan tempat budiadaya nanti menyewa atau punya sendiri. jika menyewa berarti anda arus siap uang untuk menyewa. Selanjutnya adalah persiapan bibit lengkuas yang akan ditanamkan. Sedikit banyaknya tergantung luas lahan yang akan ditanami lengkuas.

Cara budidaya lengkuas

Selanjutnya ke soal mengenai cara budidaya lengkuas. Bibit lengkuas diambil dari beberapa tanaman lengkuas yang sudah disiapkan untuk bibit. Lengkuas bibit tersebut kemudian dipecah-pecah dipisahkan antara yang tua dan yang muda. Nah untuk rimpang lengkuas yang tua sebaiknya dipilih yang memiliki berat 50 gram. Untuk satu rimpang lengkuas dapat beranak sampai 3-5 lapis. Setelah rimpang dipecah-pecah kemudian di biarkan selama 1-2 bulan atau hingga sampai tumbuh tunas barunya. Setelah tumbuh tunas baru, baru kemudian ditanmakan. Selama beberapa minggu untuk menjaga tunas agar tidak mati perlu disiram dengan air. Ini dilakukan jika kering tidak ada hujan. 

Untuk mendapat hasil yang baik dan juga aman dari kematian maka penyiraman terus dilakukan meskipun tanaman sudah merintis agak besar. dalam kondisi semacam ini tanaman lengkuas anda juga harus diawasi dari hewan unggas. Binatang unggas seperti ayam, bebek dan entok sangat senang sekali dengan daun lengkuas yang masih kecil. Kalau bisa supaya tumbuh subur dan bagus tanaman tersebut diberi garam/pupuk untuk nutrisi tambahan. Jangan lupa pula disemprot atau diobat bila tanaman terkena hama. Umur lengkuas siap panen adalah kurang lebih 10-12 bulan. Bila dipanen rimpang lengkuas dibuka kemudian rimpangnya diambil. Begitulah budidaya lengkuas yang benar.

Cara Budidaya Lengkuas Yang Baik Dan Benar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: baju bola