Jumat, 25 Desember 2015

Rahasia Keuntungan Melimpah Dengan Budidaya Jangkrik

Jangkrik kini memang menjadi perbincangan hangat di kalangan pengusaha. Bagaimana tidak, hanya dengan membudidayakan jangkrik, pundi-pundi rupiah pun akan mengalir tanpa henti. Hal ini terjadi karena permintaan terhadap jangkrik memang sangat meningkat terutama untuk pakan burung kicau. Jangkrik yang memiliki nama latin Gryllidae ini sangat mudah dipelihara dan dikembangbiakkan. Jika anda tertarik untuk membuka usaha budidaya jangkrik, alangkah baiknya anda menyimak pembahasan di bawah ini yang akan mengupas tuntas mengenai cara pembudidayaan jangkrik yang benar.

Cara Budidaya Jangkrik Bagi Pemula

Persiapan dalam budidaya jangkrik

Budidaya Jangkrik

Langkah pertama yang harus anda tempuh dalam budidaya jangkrik ini adalah menyiapkan tempat pembudidayaan. Tempat budidaya jangkrik dapat dibuat dapat berupa kandang yang didesain khusus untuk tempat tinggal jangkrik. Anda dapat menggunakan kandang model susun bertingkat. Desain ini memang sangat umum digunakan para peternak jangkrik. Kandang jangkrik dapat dibuat dari kardus, triplek, ataupun papan. Usahakan kandang aman dari gangguan berbagai predator jangkrik. Letakkan kandang pada tempat yang sejuk dan memiliki kelembapan udara yang pas. Buatlah sirkulasi udara yang cukup agar jangkrik dapat bernapas dan hidup dengan baik.

Media tempat hidup jangkrik

Agar budidaya jangkrik dapat memperoleh hasil yang maksimal, penting sekali untuk memperhatikan media untuk para jangkrik hidup. Para peternak jangkrik biasanya menggunakan TRE atau bekas tempat telur ayam. Penggunaan TRE ini tidak lain agar menciptakan suasana kandang yang menyerupai alam tempat hidup jangkrik. Penggunaan TRE ini juga harus diperhatikan, dalam jangka waktu tertentu, anda harus mengambil TRE kemudian membersihkannya dengan cara dipanaskan pada terik matahari kemudian dihilangkan debunya dengan cara memukul-mukulkan secara perlahan agar debunya rontok.

Pakan untuk budidaya jangkrik

Dalam budidaya jangkrik, anda perlu menyiapkan beberapa makanan yang memang digemari oleh jangkrik, seperti sayur-mayur dan buah tertentu. Sayur yang digemari oleh jangkrik misalnya adalah daun singkong, daun pisang, daun papaya, gambas. Pakan lain yang juga disukai jangkrik adalah kedebog pisang, pohon papaya dan juga buah papaya yang masih muda. Pakan alami ini penting sekali keberadaannya, namun demikian anda dapat menambah pakan jangkrik dari jenis voor agar asupan gizi jangkrik semakin terjaga dan jangkrik tumbuh semakin cepat. selain pemberian pakan yang cukup, anda juga perlu memperhatikan kesehatan jangkrik yang anda pelihara. Upayakan agar jangkrik tidak terserang penyakit, agar proses perkembangannya tidak terganggu. untuk pemanenan jangkrik anda tidak perlu menunggu lama-lama, sebab setelah 25 hari dari pembibitan jangkrik, anda sudah dapat menikmati hasil penjualan dari jangkrik-jangkrik yang anda budidayakan. Penen bukan hanya dilakukan pada jangkriknya, sebab telur yang dihasilkan jangkrik juga memiliki nilai jual yang cukup tinggi. 

Demikianlah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam budidaya jangkrik. Dengan menerapkan beberapa langkah yang kami sampaikan di atas, dijamin peternakan jangkrik anda akan berjalan dengan lancar dan keuntungan akan selalu mengalir ke kantong anda.

Rahasia Keuntungan Melimpah Dengan Budidaya Jangkrik Rating: 4.5 Diposkan Oleh: baju bola