Rabu, 30 Desember 2015

Tips Budidaya Maggot Untuk Pakan Lele

Orang yang memiliki budidaya ikan atau lele tentu sudah akrab dengan maggot. Ya, maggot adalah larva dari lalat, biasa juga di sebut dengan belatung. Cukup mengerikan bukan? Memang, ketika orang awam melihat belatung atau maggot tadi, mereka akan merasa jijik karena biasanya belatung atau maggot tersebut di temukan di tempat-tempat yang kotor. Akan tetapi, untuk kawanan peternak ikan, maggot atau belatung tadi sangat efisien sebagai pakan ikan. Di sini, kita akan membahas tentang budidaya maggot. Ada beberapa penjelasan tentang budidaya tersebut. Mari kita simak penjelasan di bawah ini.

Cara Budidaya Maggot Pakan Lele

Murah dan kaya protein

 
Ada beberapa alasan kenapa peternak memilih budidaya maggot sebagai penyedia pakan ikan atau lele mereka. Alasan yang pertama tentu saja ekonomi. Membudidayakan belatung maggot hanya memerlukan modal yang sedikit. Kenapa? Karena mereka hanya membutuhkan sisa-sisa makanan. Selain itu, mereka hanya perlu menyediakan tempat alakadarnya. Di sisi lain, budidaya belatung maggot di pilih karena kandungan protein nya yang tinggi. Anda jangan salah mengira jika belatung tersebut tidak memiliki kandungan apa-apa. Di sini, ada suatu penelitian yang menyatakan bahwa dalam keadaan utuh, maggot memiliki kandungan protein sebanyak 40%, sedangkan jika berbentuk pellet sebanyak 30% - 40%.

Budidaya dengan ampas tahu

Sebenarnya, ada beberapa cara budidaya yang dapat anda kembangkan. Di sini, ide pertama dalam budidaya maggot yang bisa menjadi alternative adalah menggunakan ampas tahu. Kenapa ampas tahu di pilih? Alasannya cukup masuk akal: ampas tahu di pilih untuk mengurangi pencemaran lingkungan dari limbah tahu. Selain itu, ampas tahu juga masih mengandung beberapa kandungan gizi, seperti protein, lemak, karbohidrat dan lainnya. Untuk mengembangkan maggot, anda perlu mencampur ampas tahu dengan kotoran ayam atau sapi. Waktu yang di perlukan untuk memanen biasanya sekitar 2 - 3 minggu. Cara ini biasanya di gunakan untuk peternak besar.

Budidaya dengan sisa makanan

Cara yang kedua, yang bisa anda pakai untuk budidaya maggot adalah menggunakan sisa makanan. Sungguh mudah bukan? Sisa makanan yang menurut anda tidak berguna justru dapat di gunakan sebagai lahan baru untuk berbisnis. Untuk mengembangkan maggot dengan cara ini, anda tidak perlu menyiapkan banyak alat. Di sini, anda hanya membutuhkan wadah seperti baskom dengan permukaan yang lebar. Cara pembudidayaan nya pun cukup simple karena anda hanya perlu memasukkan sisa makanan ke dalam baskom tersebut dan membiarkan nya terbuka agar lalat mau bertelur. Biasanya, cara ini di gunakan untuk budidaya sampingan. 

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa ada beberapa cara yang bisa di gunakan dalam budidaya. Selain itu, budidaya maggot dapat digunakan sebagai salah satu cara untuk menanggulangi pencemaran lingkungan dan juga membuka keran bisnis yang baru.

Tips Budidaya Maggot Untuk Pakan Lele Rating: 4.5 Diposkan Oleh: baju bola