Selasa, 22 Desember 2015

Budidaya Ikan Gabus Yang Mudah Dan Menguntungkan

Tahukah anda bahwa ternyata kandungan albumin dalam ikan gabus sangat bagus untuk mengatasi penyakit berbahaya seperti hepatitis, stroke, dan masih banyak lagi. ikan gabus merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang banyak dibudidayakan karena peluang pasarnya yang cukup bagus. Banyak yang menyukai jenis ikan ini karena selain rasanya yang enak, juga memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh. belum banyak yang melakukan pembudidaya ikan gabus karena dianggap pemasarannya masih sulit, padahal ketika banyak orang yang menyadari kebaikan kandungan dalam ikan gabus, maka dijamin akan banyak yang tertarik untuk mengonsumsinya dan peluang usahanya pasti terbuka lebar. Untuk itu tidak ada salahnya untuk anda memulai melakukan budidaya ikan gabus karena ternyata tidak terlalu susah dibandingkan dengan budidaya ikan jenis lainnya.

Cara dan Prospek Budidaya Ikan Gabus

Langkah awal budidaya ikan gabus

 
Langkah pertama yang harus anda tempuh untuk dapat memulai budidaya ikan gabus adalah dengan menyiapkan tempat pembudidayaannya. Untuk dapat membudidayakan ikan gabus, anda dapat membuat kolam sederhana terbuat dari terpal. Meski demikian tidak menutup kemungkinan bagi anda untuk membangun kolam dari semen. Namun untuk para pemula, pembuatan kolam dari terpal memang sangat disarankan. Buatlah kolam dalam bentuk persegi panjang. Kolam dapat dibuat dengan kedalaman 1 meter. Lanjutkan dengan menyiapkan terpal yang akan digunakan untuk wadah air. Pasang terpal dengan benar dan rapi, usahakan tidak ada lipatan-lipatan yang dapat menjadi tempat berkembangnya bakteri dan hama bagi ikan gabus. Agar terpal terpasang dengan kuat, berilah pengait dibagian pinggir kolam dengan menggunakan paku, kawat atau tali lainnya.

Memulai Budidaya ikan gabus

Langkah selanjutnya yang harus anda lakukan dalam budidaya ikan gabus adalah menyiapkan bibit ikan gabus yang berkualitas tinggi. bibit dapat anda masukkan ke dalam kolam yang sudah diberi biodicin df dan didiamkan selama satu minggu terlebih dahulu. Pemberian biodicin df ini sangat penting guna mempersiapkan pakan yang cukup untuk bibit ikan gabus yang akan disebar. pakan ini biasanya akan bertahan hingga dua sampai tiga hari setelah penyebaran bibit, sehingga pada fase ini bibit ikan tidak perlu diberi makan. Pemberian makan dapat dilakukan setelah tiga hari setelahnya, dan untuk selanjutnya rutin setiap hari agar asupan gizi untuk ikan gabus terpenuhi dan tumbuh kembangnya menjadi maksimal. 

Dalam budidaya ikan gabus ini sebenarnya juga tak jauh berbeda dengan pembudidayaan ikan jenis lainnya. anda harus merawat ikan gabus dengan baik, dan yang paling penting juga adalah memastikan kesehatan habitat ikan gabus. Anda juga dituntut untuk mengetahui lebih banyak mengenai berbagai hama atau penyakit yang dapat menyerang ikan gabus, sehingga dapat memberi penanganan yang tepat. Kenali juga saat-saat dimana ikan dapat merasakan stress, sehingga anda dapat mengatasinya. 

Itulah tadi beberapa langkah yang dapat anda tempuh dalam budidaya ikan gabus. Cara budidaya ikan gabus yang mudah ini dapat anda terapkan baik sebagai bisnis sampingan atau bisnis utama. untuk peluang usaha ikan gabus ini juga terbilang masih sangat menjanjikan keuntungan yang cukup besar.

Budidaya Ikan Gabus Yang Mudah Dan Menguntungkan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: baju bola