Sabtu, 02 Januari 2016

Cara Budidaya Pisang Kepok Untung Dan Sukses

Budidaya pisang kepok ini adalah salah satu cara untuk memberikan manfaat yang sangat besar didalam kehidupan anda. Pasalnya, buah ini merupakan buah yang sering dijumpai banyak orang sehingga jika ditanam sendiri dan dipanen, kemudian dijual ini akan sangat menghasilkan keuntungan yang melimpah. Bentuk dan tekstur dari pisang kepok sendiri memang sedikit berbeda dengan jenis pisang yang lainnya. Karena pisang kepok yang memiliki bentuk sedikit pipih ini memang tidak enak jika dimakan langsung, kecuali dibuat pisang goreng, keripik pisang, kolak atau campuran bahan menu makanan lainnya. Untuk jenis pisang kepok sendiri ini dibedakan menjadi 2, yaitu pisang kepok kuning dan putih. Namun jenis pisang kepok kuninglah yang laku dipasaran dan juga menguntungkan.

Cara Budidaya Pisang Kepok Secara Mudah

Trik Khusus Sukses Budidaya Pisang

Cara Budidaya Pisang Kepok
Membudidayakan pisang ini dilakukan banyak orang terutama para petani, karena langkah ini merupakan hal yang sangat mudah dilakukan dan dikembangkan. Pada dasarnya cara untuk budidaya pisang kepok ini bisa dilakukan dimana saja dengan tekstur tanah yang tidak rumit. Namun untuk bisa mendapatkan hasil panen dari pisang kepok dengan tekstur rasa yang lebih enak, pastikan bahwa lahan tanam yang akan digunakan memiliki persyaratan yang dibutuhkan. Lalu persyaratan apa yang bisa membuat pisang kepok tumbuh dan panen dengan hasil buah melimpah, dengan rasa yang enak?

Langkah Mudah Budidaya Pisang Kepok

Untuk mendapatkan kualitas pisang kepok dengan budidaya terbaik akan hasil panennya, anda bisa mengikuti tahapan kiat sukses panen pisang kepok melimpah berikut. Langkah-langkahnya yaitu: 

1. Iklim Lingkungan
Syarat pertama akan berhasilnya menghasilkan pisang kepok dengan panen melimpah dan rasa yang enak adalah dengan memperhatikan iklim dari lingkungannya. Iklim terbaik akan melakukan budidaya pisang kepok supaya hasilnya baik adalah dengan memilih iklim tropis namun cenderung lembab dan juga basah. Selain itu, pastikan juga bahwa tempat yang akan ditanam ini juga terhindar dari angin kencang supaya tidak merusak daunnya. Dan jangan pula sekali-kali anda menanam pohon pisang diarea tanah dengan posisi angin yang kumbang karena ini akan berpengaruh pada pertumbuhan serta perkembangannya. 

2. Kondisi Media Tanah
Sama halnya dengan jenis pisang lainnya, pisang kepok akan tumbuh dengan baik jika medium tanah yang digunakan merupakan tanah yang kaya akan humus, gembur, dan banyak zat kapurnya. Dan jangan sekali-kali menanam pisang pada tanah yang sering mengalami erosi karena ini akan mengganggu hasil panen. 

3. Proses Budidaya Akan Pisang Kepok
Setelah mengetahui akan langkah terbaik dalam mengetahui trik akan budidaya pisang kepok yang berhasil, sekarang saatnya anda tahu bagaimana proses dalam penanamannya. Caranya:
  1. Pembibitan
  2. Pengolahan medium tanah
  3. Menanam pisang kepok
  4. Proses akan cara pemeliharaannya
  5. Penanam hama serta penyakit

Cara Panen Pisang Kepok

Langkah terakhir adalah panen pisang kepok. Setelah melakukan serangkaian langkah dan trik suksesnya di atas, kini saatnya pemilik bisa memanen hasil budidaya pisang kepok yang ditanamnya. Ciri khusus akan pisang kepok sudah bisa dan siap dipanen adalah dengan mengetahui daunnya yang sudah mengering. Umumnya, hasil panen dari pisang kepok bisa diambil ini saat buah memiliki usia antara 90 hari hingga 100 hari. Untuk mendapatkan hasil keuntungan yang lebih baik, pastikan lokasi akan penjualannya juga dipertimbangkan supaya buah tidak busuk saat berada ditangan konsumennya. 

Itulah kiat sukses trik dalam melakukan bidudaya akan pisang kepok, semoga sedikit wacana di atas bisa memberikan ilmu dan membantu anda dalam proses membudidayakannya.

Cara Budidaya Pisang Kepok Untung Dan Sukses Rating: 4.5 Diposkan Oleh: baju bola