Sabtu, 19 Desember 2015

Cara Melakukan Budidaya Bayam Cabut Yang Paling Tepat

Bayam merupakan salah satu sayuran pokok yang sering digunakan sebagai bahan utama untuk suatu hidangan. Bagi anda yang menggemari sayuran yang satu ini, mungkin akan sedikit lebih boros untuk pengeluaran bayam itu sendiri. Untuk itulah, budidaya tanaman bayam khususnya bayam cabut bisa menjadi salah satu cara yang paling menolong anda untuk menghemat. Budidaya bayam cabut bisa anda lakukan dengan sangat mudah. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa anda jadikan sebagai tip untuk budidaya bayam cabut untuk anda praktekkan di lingkungan rumah anda.

Cara Budidaya Bayam Cabut yang Menghasilkan

Pengolahan lahan budidaya bayam cabut

Hal pertama yang harus anda persiapkan jika anda ingin memulai budidaya bayam cabut adalah dengan menyiapkan lahan yang akan anda gunakan. Untuk lahan yang digunakan untuk budidaya bayam bisa anda dapatkan dengan hasil yang bagus dengan melakukan beberapa cara terlebih dahulu. Langkah pertama yang harus anda lakukan untuk mendapatkan lahan yang layak adalah dengan mencangkul terlebih dahulu lahan yang akan anda gunakan. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan tanah yang semakin gembur sehingga bisa menyuburkan bayam. Buat juga saluran air yang bisa mengalirkan cukup air untuk tanaman bayam.

Pilih benih untuk budidaya bayam cabut

Jika lahan sudah dipersiapkan dengan baik, hal berikutnya yang harus anda persiapkan untuk membudidayakan tanaman bayam cabut adalah dengan melakukan pembenihan. Untuk pembenihan bayam cabut ini anda memerlukan lahan yang lain. Yang diambil dari pembenihan tersebut adalah bunga dari tanaman bayam. Jika bayam sudah berbunga, maka ambil bunga tersebut maka jemur dibawah sinar matahari kurang lebih selama 4 hair. Jika sudah mengering, remas bunga tersebut hingga biji-bijinya terpisah dari kulitnya. Nah, budidaya bayam cabut pun sudah siap untuk anda lakukan dengan menyebar benih tersebut.

Cara tanam budidaya bayam cabut

Berikutnya yang harus menjadi perhatian anda adalah cara menanam yang tepat untuk bayam cabut. budidaya bayam cabut bisa anda lakukan dengan cara penanamannya yang sangat mudah. Cara untuk menanamnya pun bisa anda dapatkan dengan dua cara yang berbeda yaitu cara langsung dan tidak langsung. Untuk cara langsung merupakan cara penanaman yang paling mudah dan paling sederhana untuk dilakukan. Caranya cukup dengan menyebarkan benih atau bibit bayam yang sudah dikeringkan tadi keatas lahan yang sudah disiapkan. Jika sudah, lalu tutup dengan lapisan tanah yang sangat tipis. 

Cara tanam untuk budidaya bayam cabut selanjutnya adalah dengan cara yang tidak langsung. Untuk cara yang satu ini, anda harus melakukan pembibitan terlebih dahulu. Anda harus menanam benih bayam ditempat lain dulu, lalu setelah itu baru dipindahkan ke lahan yang permanen. Tak cukup itu saja, anda juga harus merawat bayam dengan benar. Jangan sampai bayam terserang hama atau malah mati karena kurang pupuk ataupun air. Dengan merawatnya dengan benar, sudah pasti anda akan mendapatkan hasil yang optimal dari budidaya bayam yang anda lakukan.

Cara Melakukan Budidaya Bayam Cabut Yang Paling Tepat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: baju bola