Minggu, 20 Desember 2015

Budidaya Belut Air Bersih Yang Benar Dan Mudah

Belut merupakan salah satu makanan yang banyak digemari di Indonesia. Belut yang memiliki bentuk hampir sama dengan ular karena memiliki tubuh yang licin ini biasanya dibuat aneka makanan baik itu sayuran ataupun camilan. Banyak yang mengira jika budidaya belut itu hanya bisa dilakukan pada lumpur ataupun air yang dicampur oleh jerami, pelepah pisang ataupun sebagainya. Tetapi, saat ini sedang berkembang budidaya belut dengan metode yang baru yang dikembangkan oleh ilmuwan jepang. Cara budidaya tersebut adalah budidaya belut air bersih. Cara ini bisa menjadi salah satu cara anda untuk membubidayakan belut dengan mudah.

Cara Budidaya Belut Air Bersih Bagi Pemula

Keuntungan dari budidaya belut air bersih

Gambar Belut Air Bersih
Dengan menggunakan cara budidaya belut air bersih ini anda bisa mendapatkan beberapa keuntungan yang mungkin tidak anda dapatkan dari budidaya belut dengan menggunakan lumpur. Keuntungan pertama yang bisa anda dapatkan jika anda memilih membudidayakan belut pada air bersih adalah anda bisa mengontrol kondisi belut anda dengan jelas. Jika terdapat belut yang kurang sehat ataupun mati, anda bisa langsung mengangkatnya dari kolam sehingga anda bisa mendapatkan kolam anda tetap bersih. Kemudian keuntungan selanjutnya yang bisa anda rasakan adalah anda bisa menaburkan benih belut yang lebih banyak. Menurut uji coba, dengan menggunakan air bersih, anda bisa menanam benih belut 30 kali lipat dibandingkan dengan budidaya di lumpur. Tentunya ini akan sangat menguntungkan. 

Tak cukup hanya dengan dua keuntungan yang diatas. Dengan melakukan budidaya belut dengan menggunakan media air bersih, anda juga bisa mendapatkan keuntungan dari berkurangnya angka kanibalisme pada belut. Belut betina yang berumur 6-8bulan biasanya jika merasa terusik maka akan menyerang lawannya. Akan tetapi dengan menggunakan budidaya belut air bersih justru hal itu tidak terjadi karena mereka saling membutuhkan kulit antara satu dengan yang lainnya untuk berlindung. Dengan demikian, menggunakan air bersih sebagai media pembudidayaan belut menjadi salah satu cara yang paling efektif dan efisien. Anda tidak perlu mencari jerami untuk membuat lumpur buatan dan juga pakan belut pun tidak akan terbuang sia-sia karena sudah pasti terlihat oleh belut.

Hal-hal penting dalam budidaya belut air bersih

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, anda harus memperhatikan beberapa hal penting untuk budidaya belut media air bersih ini. Hal pertama yang harus anda persiapkan dengan benar adalah air. Tentu saja, ini menjadi hal terpenting karena dengan memilih air yang bersih dan tepat anda akan mendapatkan belut anda menjadi belut yang berkualitas. Air yang digunakan dalam budidaya belut air bersih hendaknya air yang tidak mengandung zat-zat berbahaya. Air juga harus terjaga suhunya, suhu optimal pada air untuk belut adalah 25-28 derajat C. Selain itu, kolam juga harus memiliki sirkulasi air yang cukup. 

Pembudidayaan belut pada air bersih juga membuat anda harus memperhatikan jenis bibit dari belut. Untuk mendapatkan bibit yang unggulan dan berkualitas anda harus memilih belut yang sehat. Pastikan jika bibit belut yang anda pilih adalah belut yang tidak terdapat bekas lukanya. Selain itu, bibit untuk budidaya belut air bersih juga akan menghasilkan hasil yang bagus, jika anda memilih bibit belut yang lincah. Dengan demikian anda sudah pasti akan mendapatkan belut yang sangat berkualitas.

Budidaya Belut Air Bersih Yang Benar Dan Mudah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sang Pelindung