Jumat, 11 Desember 2015

Peluang Usaha Budidaya Daphnia Yang Menguntungkan

tahukah anda apa itu daphnia? Daphnia adalah sebuah kutu air raksasa yang berasal dari krustasea plankton yang hidup di air, baik kolam, sungai maupun air tawar. Makhluk hidup yang satu ini dapat digunakan untuk pakan bagi ikan-ikan yang masih dalam tahap pembibitan. Daphnia memiliki tubuh yang transparan dan usia yang singkat. Untuk para peneliti ekosistem. Kandungan protein yang tinggi dalam daphnia dipercaya mampu mempercepat tumbuh kembang bibit-bibit ikan yang anda kembangkan. Cara budidaya daphnia ini ternyata mudah, anda dapat mencermati beberapa hal berikut untuk dapat membudidayakan daphnia.

Cara Budidaya Daphnia Bagi Pemula

Langkah mudah budidaya daphnia

 
Untuk dapat membudidayakan daphnia, anda harus mempersiapkan terlebih dahulu tempat hidup bagi daphnia. Untuk dapat hidup dan berkembangbiak dengan maksimal, daphnia harus ditempatkan pada kolam yang sudah dipersiapkan sebelumnya. Langkah pertama dalam budidaya daphnia adalah sediakan kolam dengan kedalaman sekitar 1 m, bersihkan kolam tersebut dan biarkan selama 3 hari agar benar-benar steril. Kolam dapat dibuat dari beton atau langsung tanah. Kemudian isi kolam dengan air tawar sekitar 80 cm saja, dan tambahkan kotoran ayam sekitar 2 karung sebagai nutrisi bagi daphnia.
Budidaya daphnia akan semakin maksimal jika anda memperhatikan indukan daphnia yang berkualitas. Masukkan indukkan ke dalam kolam secukupnya, sekitar maksimal dalam 12 hari mereka sudah dapat berkembangbiak dengan sendirinya. Perlu anda ketahui bahwa daphnia berkembang biak tanpa perlu mengalami proses perkawinan, sehingga perkembangannya cukup mudah. namun demikian, anda perlu rajin memeriksa kadar PH dan suhu air pada kolam. Usahakan PH berada di antara 6,3-6,7. Sedangkan suhu air tidak boleh lebih dari 28° C.

Langkah mudah memanen daphnia

Daphnia yang masih baru lahir biasanya berukuran sekitar 0,8 mm sementara yang sudah berusia dewasa ukurannya mencapai 2,5 mm. Daphnia dapat dipanen setelah lebih dari 12 hari. Untuk dapat melakukan pemanenan budidaya daphnia, anda perlu menyiapkan peralatan yang akan membantu proses pemanenan. Alat-alat tersebut meliputi jaring dengan lubang yang halus, dan baskom yang diisi air. Anda dapat melakukan pemanenan kapanpun, hanya saja agar lebih mudah dalam memanen anda dapat memilih waktu siang hari dimana matahari masih terik. Sebab pada saat itu daphnia sedang berada di permukaan kolam sehingga akan semakin mudah ditangkap. Setelah diambil menggunakan jaring, letakkan daphnia pada baskom yang sudah terisi air. Untuk menjualnya anda dapat membungkusnya pada kantong plastic dengan disertakan air di dalam plastic tersebut. 

Itulah tadi beberapa tahapan yang harus anda terapkan dalam membudidayakan daphnia. Budidaya daphnia ini memiliki peluang bisnis yang besar. karena daphnia sangat digemari oleh para pembudidaya ikan. Selain itu daphnia juga tidak harus dijual secara langsung, daphnia dapat diawetkan dengan cara memasukkannya ke dalam plastic tanpa air, kemudian bekukan. Daphnia ini dapat digunakan kembali dengan cara memasukkannya ke dalam air.

Peluang Usaha Budidaya Daphnia Yang Menguntungkan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: baju bola