Kamis, 10 Desember 2015

Cara Jitu Budidaya Durian Bawor Secara Mudah

Durian memang merupakan salah satu buah yang selalu di nantikan kehadirannya. Walaupun tidak berbuah sepanjang musim, durian memiliki banyak penggemar. Hal tersebut tentunya beralasan. Pasalnya tekstur dan rasa buah durian yang khas menjadikan banyak orang menjadi ketagihan. Salah satu jenis durian adalah durian bawor. Dimana jenis ini memang berbeda dengan jenis durian lainnya, durian bawor memang merupakan durian montong orange yang memiliki batang yang di sambung dengan tanaman durian lain. Hal tersebut bertujuan untuk menyatukan sifat-sifat unggul dari dua jenis durian. Berikut ini akan disajikan mengenai budidaya durian bawor yang tepat.

Cara Menanam Durian Bawor Secara Tepat

Cara budidaya durian bawor

Durian Bawor
 
Langkah awal dalam budidaya durian bawor, adalah menyiapkan bibit buah durian. Dimana bibit tanaman yang di pilih tentunya bibit yang tumbuh subur, memiliki banyak daun, batangnya kuat serta percabangannya 2-4 arah dan terdapat tunas baru. Selanjutnya adalah dengan menyiapkan lahan. Dimana siapkan lahan dengan membersihkan gulma disekitarnya. Tidak hanya itu pilihlah lahan yang bisa mendapatkan sinar matahari secara langsung, dengan demikian pohon durian bawor nantinya tidak akan terhalang pohon lain dalam mendapatkan sinar matahari.
Dalam budidaya durian bawor sebaiknya juga memilih lahan yang memiliki tanah yang lempung berpasir dan memiliki banyak kandungan bahan organic dengan pH diantara 6 hingga 7. Selain itu sebaiknya juga terdapat saluran-saluran air. Sehingga pohon durian bawor nantinya tidak akan kekurangan atau kelebihan air. dalam penanaman bibit durian bawor sebaiknya di atur dengan jarak tanam umumnya 8 x 12 m atau 10 x 10 m. 

Untuk penanaman bibit durian bawor sebaiknya dengan membuat lubang tanam dengan ukuran 50 cm2. lubang tersebut sebaiknya di biarkan terbuka selama kurang lebih 2 minggu. Pada saat penanaman campurkan pupuk kandang pada bagian tanah atas. Hal tersebut untuk menunjang kesuburan durian bawor tersebut. Budidaya durian bawor khususnya pada tahap penanaman sebaiknya dilakukan pada awal musim penghujan. Saat akan menanam bibitnya, sebaiknya polybacknya tidak disertakan. Masukkan bibit dengan batas leher akar. Kemudian siram bibit dengan air secukupnya. 

Dalam perawatan dan budidaya durian bawor sebaiknya secara rutin dilakukan penyiraman. Dimana hal tersebut sebaiknya dilakukan sejak awal bibit di tanam hingga pohon bawor mulai berbuah.waktu yang baik untuk melakukan penyiraman adalah saat pagi hari. Intensitas penyiraman sebaiknya mulai berkurang ketika pohon bawor mulai berbunga. Perawatan lainnya dilakukan ketika pohon ini telah mengalami masa berbunga. Dimana harus dilakukan penyerbukan buatan. Hal tersebut dapat di rekayasa dengan menyapukan kuas halus pada bunga mekar saat malam hari. Hal tersebut tentunya akan menghasilkan kuantitas dan kualitas buah durian yang bagus. Seteleh menjadi bakal buah, sebaiknya waktu panen dilakukan pada waktu yang tepat. Panen durian bawor bisa dilakukan pada hari ke 120 hari setelah bunga mekar. Dimana tangkai buah menjadi lunak dan mudah di bengkokkan. Selain itu baunya harum, bunyinya kasar dan bergema saat di pukul-pukul.

Cara Jitu Budidaya Durian Bawor Secara Mudah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sang Pelindung