Jumat, 25 Desember 2015

Cara Budidaya Ikan Bandeng Dengan Tepat

Salah satu jenis ikan yang dapat menghasilkan protein hewani adalah ikan bandeng. Rendahnya produktifitas akan ikan bandeng saat ini tidak sebanding dengan tingginya permintaan dari konsumen sehingga budidaya ikan bandeng dapat memberikan peluang pada pengusaha ternak ikan. Ikan bandeng ini merupakan ikan herbivora yang mengonsumsi tumbuhan. Ketika ikan menginjak usia 5 - 6 bulan maka beratnya kira kira sudah sekitar 0,6 kg. Dalam menjalankan pembudidayaan ikan bandeng haruslah cermat dalam pemilihan benih yaitu di lihat dari mutu yang baik dan pemeliharaan ikan harus di lakukan secara intensif. Bagi anda yang ingin memulai ternak bandeng namun belum tahu bagaimana cara pastinya maka simak informasi di bawah ini.

Petunjuk Budidaya Ikan Bandeng Bagi Pemula

Cara Memilih Bibit Ikan Bandeng Unggul

cara budidaya ikan bandeng

Pada budidaya ikan bandeng pemilihan bibit haruslah sangat di perhatikan karena dapat menunjang hasil yang baik pula. Yang di cari adalah induk ikan yang berkualitas dan paling unggul agar keturunannya lahir sama seperti induknya yang unggul tersebut. Ciri ciri keunggulannya dapat di lihat dari bentuk tubuhnya yang normal yaitu perbandingan antara panjang dan beratnya ideal kemudian ukuran kepala kecil, proses pertumbuhannya tergolong cepat, sisiknya tersusun dengan teratur, tubuhnya licin dan mengkilat, lincah dan yang pasti tidak ada luka. Usia ikan yang baik yaitu pada usia ke 4 - 5 tahun.

Cara Pemeliharaan Ikan Bandeng

Budidaya ikan bandeng memerlukan perawatan yang baik agar dapat memberikan hasil yang baik juga. Perlu memberikan rangsangan pemijahan pada ikan untuk mempercepat kematangan gonad dengan cara menyuntikkan hormone LHRH atau Letuizing Hormon Releasing Hormon. Pemijahan ini adalah campuran antara induk jantan dengan betina ketika sel sperma dan sel telurnya telah matang agar terjadi ejakulasi pada kedua sel tersebut. Untuk proses pemijahan ini harus di lakukan pada kolam khusus karena pembuahan ikan di lakukan di luar tubuh ikan. 

Berikutnya pada budidaya ikan bandeng yaitu proses penetasan. Telur ikan akan mengapung pada kolam dan selama 26 jam telur akan menetas kemudian berubah menjadi larva. Tidak perlu memberikan pakan pada larva karena larva masih memiliki cadangan makanan yang berupa kuning telur induknya. Setelah usianya menginjak 2 hari barulah boleh di beri pakan. Setelah larva berumur 9 hari barulah di pindahkan pada kolam lain untuk memelihara bibit kemudian dapat di beri pakan berupa plankton. Ketika bibit sudah berusia 8 minggu barulah di pindahkan ke dalam kolam untuk membesarkan ikan bandeng. 

Pada budidaya ikan bandeng ini apabila bibit sudah di pindahkan maka selanjutnya yaitu pemberian pakan. Biasanya ikan akan memakan tumbuhan yang ada di kolam seperti lumut, klekap, dan ganggang. Namun agar proses tumbuh ikan pada pemeliharaan ikan bandeng ini haruslah di beri pakan pabrik untuk memenuhi nutrisi dan kadar protein yang di perlukan ikan. Setelah semua tahap telah di lakukan dengan benar maka berikutnya menunggu hasil ternak ikan.

Cara Budidaya Ikan Bandeng Dengan Tepat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: baju bola