Senin, 07 Desember 2015

Artikel Cara Budidaya Tanaman Anggrek Bulan

Menanam beberapa jenis bunga di taman rumah tentu merupakan ide yang bagus untuk diterapkan. Ya, tentu saja warna asli dari bunga tersebut dapat memancarkan keindahan yang berbeda dan mempercantik taman anda. Sebenarnya, banyak sekali jenis tanaman yang dapat anda terapkan di sini. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang budidaya anggrek bulan. Anggrek merupakan tanaman idaman yang memiliki keindahan di setiap kelopak bunganya. Tentu saja ada beberapa hal yang harus anda ketahui sebelum memulai budidaya. Berikut adalah beberapa tips yang sebaiknya anda tahu. 

Tanaman Anggrek Bulan 

Teknik Budidaya Tanaman Anggrek Bulan

Pemilihan dan perawatan bibit awal


Memulai sebuah budidaya anggrek bulan tentu penting untuk memperhatikan jenis bibit serta cara merawatnya. Tentu saja hal ini penting karena bibit merupakan cikal bakal dari bunga tersebut. Harga dari bibit anggrek bulan di toko bunga sekitar Rp 6.500 hingga Rp 10.000 per pot tergantung dari berapa umur bibit. Tentu saja, yang lebih besar pasti lebih mahal. Di sini, hal yang perlu anda ketahui adalah cara perawatan bibit. Pertama sekali, pindahkan bibit ke Trey, yaitu alat yang dapat memudahkan bibit untuk di pindah. Selain itu, sirami dengan larutan Gromor selama 3 bulan pertama. Gunakan spray untuk menyirami.

Pemupukan

Bibit yang sedang di kembangkan tentu memerlukan nutrisi agar dapat tumbuh dengan optimal dan lancar. Di sini, anda harus memperhatikan pupuk yang pas untuk bibit tersebut. Umumnya, pupuk yang di pakai pada budidaya anggrek bulan adalah Dekastar 22-6-4. Untuk bunga anggrek bulan yang masih ranum atau berbentuk bibit, maka ukuran pupuk yang di berikan sekitar ½ sendok the perpot. Perlu anda ketahui, anda tidak boleh serta merta memberikan pupuk agar pertumbuhan bunga maksimal. Pemupukan yang diperbolehkan adalah dua kali sehari, yaitu pada pagi sekitar jam 6.00 - 8.00 dan sore sekitar jam 16.00 - 18.00.

Teknik penyiraman

Perlu anda ketahui bahwa bunga ini adalah jenis tanaman epifit atau menempel pada tumbuhan lain. Di sini, pada dasarnya tanaman ini tidak menyukai banyak air atau air yang menggenang. Oleh karena itu, dalam budidaya anggrek bulan anda sebaiknya menggunakan pot transparan dengan tujuan untuk mengontrol kandungan air yang terdapat pada pot tersebut. Jika anggrek anda kelebihan air, maka pertumbuhan pohon tersebut akan tidak maksimal dan justru anda akan menemui kisut pada daun anggrek. Oleh karena itu sebaiknya anda menggunakan spray untuk menyirami.

Intensitas cahaya

Hal yang juga penting untuk anda ketahui dalam budidaya anggrek bulan adalah intensitas cahaya. Di sini, kita sama mengetahui bahwa anggrek hidup dengan menempel pohon lain. Secara umum, bunga ini hanya memerlukan 20% - 30% cahaya. Anda tentu harus mengatur tempat budidaya anda agar mendapatkan hasil maksimal.

Artikel Cara Budidaya Tanaman Anggrek Bulan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: baju bola