Jumat, 18 Desember 2015

Langkah Penanaman Daun Seledri Si Daun Sop

Seledri merupakan tanaman sayuran yang asalnya dari Meditarania. Seledri ini di Indonesia buka merupakan komoditi utama para petani. Namun kebutuhan seledri selama ini memang sudah cukup terpenuhi. Seledri ini harus di tanamam pada daerah subtropics dengan ketinggian di atas 1000 m dpl. Selain itu suhu udaranya pun berkisar 12-24 derajat celcius. Membicarakan lahannya sebaiknya mengandung tanah yang subur, gembur, banyak kandungan organic dan pengairan yang cukup. Tidak hanya itu saja, sebaiknya lahan penanaman seledri atau yang sering disebut daun sop ini mendapatkan sinar matahari secara maksimal. Nah untuk lebih lengkapnya silahkan simak ulasan berikut ini mengenai budidaya daun sop.

Cara tepat budidaya daun seledri Bagi Pemula

 
Dalam melakukan budidaya daun sop, langkah pertama adalah merendam benih pada air hangat dengan suhu 50 hingga 60 derajat celcius selama 15menit. Selanjutnya siapkan bedengan yang di gunakan untuk menyemai benih tersebut. dimana bedengan tersebut terdiri dari tanah yang mengandung pupuk kandang. Bagan atasnya di naungi dengan plastic bening. Dalam penyemaian benih sebaiknya dilakukan sedalam 0.5 cm dengan jarak 10 hingga 20 cm. selanjutnya tutup dengan tanah yang tipis dan permukaan bedengan dijaga supaya tetap lembab. pada hari ke 15 hingga 25 tentunya benih telah mulai tumbuh, bisa disemprotkan pupuk untuk menghindari hama. Setelah satu bulan, bibit daun sop bisa di pindahkan ke media tanam. 

Dalam persiapan media tanam dalam budidaya daun sop ini di mulai dengan mengolah media tanam. Dimana terlebih dulu di cangkul dengan kedalaman 40 cm dan di biarkan terbuka selama 15 hari. Setelah itu campurkan beberapa bahan media tanam antara lain kapur kalsit dan pupuk. Selanjutnya di atas tanah tersebut di buat bedengan kembali dengan lebar 100 cm dengan tinggi 30 cm. diantara bedengan sebaiknya juga di buat parit yang berfungsi untuk menyirami. 

Tahap penanaman pada budidaya daun sop dilakukan dengan teknik tanaman tunggal atau disebut juga dengan monokultur. Langkah pertama penanaman adalah membuat lubang dengan jarak tanam 20 x 30. Kemudian cabut bibit seledri bersama akarnya sebanyak 3-4 helai daun dari tempat penyemaian, kemudian tanamkan pada lubang tanam tersebut. setelah selesai menanam bibit di bedengan siramlah bibit agar tetap lembab. 

Pada tahap pemeliharaan tanaman, sebaiknya dilakukan penyiangan dan juga sekaligus penggemburan tanah. Jika diperlukan anda juga bisa memberikan pupuk secara rutin dengan takaran yang tepat. Setelah daun sop berumur 1-3 bulan sejak di tanam, seledri tersebut sudah dapat dipanen. Dimana tanda daun seledri dapat di panen adalah memiliki banyak daun, menghasilkan anakan dan mencapai ketinggian tertentu tergantung varietasnya. Cara memanen daun seledri dilakukan dengan mencabut seluruh tanaman. Sedangkan pada jenis seledri umbi, cara memanennya dikalakukan dengan memetik daunnya saja dilakukan secara periodik. Nah itulah budidaya daun sop yang cukup mudah untuk dilakukan.

Langkah Penanaman Daun Seledri Si Daun Sop Rating: 4.5 Diposkan Oleh: baju bola