Kamis, 17 Desember 2015

Bagaimana Cara Budidaya Kencur Yang Tepat?

Siapa yang tidak pernah menggunakan bahan rempah ini ketika memasak? Tentu saja semuanya pernah. Kencur merupakan salah satu bahan pelengkap yang wajib ada disetiap dapur para ibu. Kencur bisa digunakan sebagai bumbu untuk penyedap, jamu, ataupun bahan rempah-rempah pada suatu hidangan makanan. Karena kegunaannya yang sangat komplit dan pasti akan dibutuhkan sehari-hari anda bisa memenuhi kebutuhan anda akan kencur dengan tanpa membelinya. Bagaimana? Ya dengan melakukan budidaya kencur dirumah anda. Tenang saja, cara pembudidayaan kencur itu tidak sulit kok. Dengan cara sederhana dibawah ini, anda sudah bisa memiliki kebun kencur anda sendiri dirumah anda.

Analisa Budidaya Kencur Menghasilkan

Pembenihan untuk budidaya kencur

Cara Budidaya Kencur
 
Sama halnya dengan pembudidayaan tanaman yang lain, pembenihan tentu menjadi salah satu hal yang paling penting yang harus dilakukan untuk mendapatkan hasil yang optimal. Untuk kencur, pembibitan diambil dari rimpang kencur. Rimpang yang diambil untuk budidaya kencur adalah rimpang dari kencur yang sudah tua tetapi masih dalam kondisi yang segar. Untuk hasil yang baik, sebelum di tanam lebih baik kalau bibit disimpan dulu pada tempat yang gelap hingga bibit mengeluarkan tunas. Hal ini dimaksudkan untuk mempercepat tumbuhnya kencur pada saat nanti ditanam dilahan.

Lahan yang baik untuk budidaya kencur

Kencur merupakan salah satu rempah yang sangat mudah cara pembudidayaannya atuapun penanamannya. Dataran rendah ataupun dataran tinggi sangat cocok untuk dijadikan tempat pembudayaan kencur. Kencur bisa saja ditanam dilahan terbuka ataupun dengan menggunakan polybag. Yang penting, tanah yang digunakan adalah tanah yang gembur dan juga subur. Meskipun kencur tetap saja bisa hidup di tanah yang kering. Untuk budidaya kencur, lahan yang harus anda siapkan tidaklah susah. Pertama gemburkan dahulu tanah yang akan anda gunakan untuk menanam kencur. Buat juga drainease pada setiap petak untuk menghindari genangan air yang berlebihan. 

Untuk jarak tanam yang harus anda persiapkan untuk kencur adalah sekitar 80 cm x 40cm. Sementara itu, untuk penanaman kencur akan lebih baik jika pada kedalam 5-7 cm. Saat penanaman, tunas kencur haruslah menghadap keatas. Jangan sampai salah dalam meletakkan tunas kencur, karena jika sampai salah meletakkan dengan posisi terbalik maka akan sangat menghambat perkembangan kencur itu sendiri. Sehingga, budidaya kencur akan sangat lama dan tidak menghasilkan hasil yang optimal.

Pemeliharaan dalam budidaya kencur

Budidaya tanaman kencur tidaklah memerlukan pemeliharaan yang ribet ataupun khusus. Perawatannya sangat mudah sehingga anda akan dengan mudah mendapatkan kencur tetap hidup. Perawatan yang pertama yang harus anda lakukan untuk mendapatkan hasil yang optimal adalah dengan melakukan penyiraman secara teratur. Jika sedang tidak musim hujan, bisa dilakukan penyiraman pada pagi dan dan sore hari. Khususnya bagi tanaman kencur yang masih muda, supaya bisa tumbuh lebih cepat. budidaya kencur juga akan menghasilkan hasil yang optimal jika anda rutin untuk melakukan penyiangan terhadap rumput-rumput yang menganggu tanaman kencur. Dengan demikian, sudah pasti anda bisa melakukan pembudidayaan tanaman kencur ini dengan segera.

Bagaimana Cara Budidaya Kencur Yang Tepat? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: baju bola