Rabu, 23 Desember 2015

Cara Jitu Budidaya Jagung Hibrida Dengan Hasil Melimpah

Jagung merupakan salah satu komoditas pertanian yang paling banyak dibudidayakan. Salah satu jenis jagung yang menjadi favorit para petani di Indonesia adalah jenis hibrida. Jagung hibrida termasuk jenis jagung yang memiliki kualitas unggulan, sehingga perlu mendapat perawatan yang khusus. Jika perawatan budidaya jagung hibrida ini dapat dilakukan dengan benar, maka hasil panen yang akan anda peroleh akan melimpah pula. Untuk itu marilah simak bersama beberapa langkah mudah dalam membudidayakan jagung hibrida.

Cara Budidaya jagung Hibdrida Secara Mudah

Petunjuk utama penanaman budidaya jagung hibrida

 
dalam pembudidayaan apapun, hal terpenting adalah mempersiapkan lahan untuk menanamnya, tak terkecuali dalam budidaya jagung hibrida ini. anda perlu menyiapkan lahan dengan menyesuaikan lahan pertanian dengan beberapa syarat berikut. Lahan haruslah memiliki tanah gempur, dan kandungan PHnya tidak melebihi dari skala 7. Jagung hibrida dapat tumbuh pada daerah yang memiliki ketinggian antara 0 hingga 700 meter di atas permukaan laut. Buatlah drainase pada lahan agar air tidak menggenang. Upayakan lahan juga mendapat pancaran sinar matahari yang cukup. lanjutkan dengan melakukan penanaman terhadap benih jagung hibrida. Biji hibrida biasanya dapat ditanam dengan manual, caranya dengan membuat tugal dengan kedalaman sekitar 3 cm kemudian memasukkan biji jagung dan tutuplah dengan tanah atau jika memungkinkan gunakan pupuk organic.

Petunjuk pemeliharaan budidaya jagung hibrida

Dalam pemeiliharaannya, jagung hibrida memerlukan pemupukan, pengairan, dan juga pengendalian terhadap gulma yang tumbuh di sekitar tanaman jagung. Untuk pupuk yang dapat memenuhi kebutuhan Nitrogen, fosfor, dan kalium yang dibutuhkan oleh jagung. Sementara untuk pengendalian gulma, sangat disarankan untuk menyiangi rerumputan setelah 30 hari dari masa penanaman. Pengendalian gulma dapat dilakukan dengan manual ataupun dengan herbisida. Untuk pengairannya, budidaya jagung hibrida akan semakin maksimal hasilnya ketika kebutuhan air terpenuhi, untuk itu penting sekali membuat irigasi di sekitar lahan pembudidayaan jagung hibrida.

Petunjuk untuk panen jagung hibrida

Dalam kondisi normal, budidaya jagung hibrida dapat dipanen pada usia sekitar 3 bulan. Pada usia ini batang dan daun jagung mulai mengering. Ini menandakan bahwa jagung di dalam juga sudah mengering dan siap untuk dipanen. Cara pemanenan dapat dilakukan dengan cara manual atau pemocokan terhadap batang jagung atau dengan memetik jagungnya saja. setelah dipanen, agar nilai jual jagung semakin tinggi, anda dapat mengeringkannya lagi agar kadar airnya benar-benar tinggal sedikit. 

Itulah tadi langkah-langkah yang harus anda tempuh ketika membudidayakan jagung hibrida. Jagung hibrida ini banyak dipilih karena memiliki ukuran yang besar-besar dan bijinya pun juga besar, sehingga hasil panen dari budidaya jagung hibrida ini akan melimpah dan menghasilkan keuntungan yang besar. selamat mencoba untuk membudidayakan jagung jenis ini di lahan pertanian anda, dan nikmati keuntungan yang akan anda peroleh.

Cara Jitu Budidaya Jagung Hibrida Dengan Hasil Melimpah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: baju bola