Kamis, 31 Desember 2015

Cara Merawat Budidaya Burung Jalak Suren

Jalak Seren merupakan salah satu burung asli Indonesia yang terkenal dengan keelokan dan kemerduan suaranya. Memiliki bulu dengan corak hitam putih yang khas, membuat burung ini semakin tinggi nilai jualnya. Hal inilah yang membuat budidaya jalak suren semakin diminati, namun tidak semua pelaku bisnis budidaya jenis burung ini dapat berhasil, banyak pula mereka yang mengalami kegagalan akibat cara ternak mereka yang kurang tepat.

Cara Budidaya Jalak Suren Bagi Pemula

Keistimewaan Jalak Suren

 
Burung jalak suren tersebar di seluruh wilayah Indonesia, namun karena habitatnya semakin rusak, kini populasi burung jalak suren semakin menurun. Hal inilah yang membuat sebagian orang memilih untuk budidaya jalak suren, dibandingkan harus menangkap jalak suren di habitat aslinya. Dari sekian banyak jenis jalak, jalak suren memang yang lebih banyak dibudidayakan, hal ini dikarenakan jalak suren memiliki karakteristik yang jinak, dan mudah untuk beradaptasi dibandingkan jenis jalak lainnya. Selain itu permintaan jalak suren di pasaran juga cukup tinggi, karena kemerduan suaranya, yang selain dapat meramaikan suasana rumah, juga dapat memancing burung lain untuk berkicau. Tidak heran jika kita sering menemukan jenis jalak ini di arena pertandingan.

Cara Membudidayakan Jalak Suren

Cara budidaya jalak suren pada dasarnya tidak jauh berbeda dengan budidaya burung lain pada umumnya. Beberapa langkah yang perlu anda lakukan untuk beternak burung jalak suren ini antara lain adalah memilih induk jalak suren, membuat kandang penangkaran dengan ukuran dan suhu yang pas untuk jalak suren, mengawinkan indukan jalak suren, mencukupi pakan dan melakukan perawatan yang tepat untuk anakan jalak, yakni dengan memisahkan anakan dari induknya setelah 1 minggu menetas, meletakkannya di inkubator secara terpisah dari anakan yang lain, serta memberikan pakan yang tepat berupavoer yang telah dihaluskan hingga jalak dapat makan sendiri.
Cara diatas, selain dapat diterapkan untuk budidaya jalak suren, juga dapat diterapkan untuk budidaya jenis jalak lainnya. Namun untuk mendapatkan burung jalak suren dengan kualitas terbaik, tentu dibutuhkan beberapa trik dalam pemeliharaan jalak suren.

Tips Membudidayakan Jalak Suren

Ada beberapa tips yang dapat anda lakukan untuk meningkatkan hasil budidaya jalak suren, yang pertama adalah memilih indukan, pilih indukan yang berumur 1-2th, dan pilih indukan yang jinak dan aktif, selanjutnya siapkan kandang yang tepat, yakni kandang harus nyaman, dengan lantai tanah, tanpa plester baik untuk lantai maupun dinding pembatas, dengan ukuran 2mx1m. untuk pemeliharaan beri pakan yang cukup dan berkualitas seperti buah, kroto, cacing, ulat ataupun serangga. Dan yang terakhir latih burung jalak suren dalam berkicau, hal ini bisa anda lakukan dengan menggunakan master gacor. Demikian sedikit ulasan dari kami, semoga menginspirasi.

Cara Merawat Budidaya Burung Jalak Suren Rating: 4.5 Diposkan Oleh: baju bola