Jumat, 01 Januari 2016

Budidaya Merpati Hias Sebagai Hobi Dan Peluang Usaha

Budidaya merpati hias bisa menjadi peluang usaha bagi anda yang suka dengan burung. Merpati jenis ini memiliki keunikan dan juga keindahan yang mempesona. Anda bisa memulai usaha ini dengan dan mendapatkan pemasukan tambahan melalui melalui usaha ini. Merpati hias memiliki banyak jenis. Salah satu yang bisa dibudidayakan adalah merpati kipas atau merpati persi. Merpati jenis ini memiliki harga jual yang lumayan tinggi. Bila anda menyukai dan memiliki hobi burung hias, anda bisa mencoba untuk mengembangbiakan dan menjadikan burung ini sebagai usaha baru anda.
Merpati Hias Fantail
Selain anda bisa memilih merpati hias jenis persi, anda juga bisa melakukan budidaya merpati hias jenis Jacobin, pouter, fantai, dan masih ada banyak lagi jenis merpati hias yang akan anda temui. Untuk memulai ternak merpati hias, anda harus tahu bagaimana cara yang tepat untuk memulai bisnis ini. Cara ternak burung ini hampir mirip dengan budidaya merpati jenis balap dan juga merpati ketinggian. Yang membedakan dengan budidaya merpati jenis lain adalah kandang karena melihat dari jenis dan bentuk dari merpati hias.

Budidaya Merpati Hias yang menguntungkan

System umbaran budidaya merpati hias

Cara yang bisa anda lakukan untuk melakukan budidaya merpati hias ini ada beberapa macam yaitu, sistem umbaran, system kandang koloni, dan system battery. Yang pertama akan kita bahas adalah system umbaran. System umbaran adalah dengan membiarkan merpati terbang bebas diluar dan anda hanya perlu menyiapkan pagupon sebagai tempat mereka tinggal. Dengan system ini anda tidak perlu membuat kandang khusus dan anda bisa menghemat lebih banyak biaya karena burung juga bisa sambil mencari makan sendiri. Burung juga menjadi lebih sehat karena memiliki aktifitas yang bebas diluar kandang. Kelemahan budidaya burung merpati hias dengan system ini adalah keamanan yang tidak menjamin. Burung bisa hilang dan reproduksi menjadi kurang karena burung lebih banyak bermain diluar.

System koloni pada budidaya merpati hias

System yang selanjutnya adalah system kandang koloni, yaitu dengan memasukkan beberapa pasang merpati kedalam kandang yang cukup besar. Kandang harus menjadi tempat yang nyaman bagi burung, karena itu kandang diusahakan agar tidak terlalu sempit bagi beberapa pasang burung ini. Kandang yang terlalu sesak dapat menyebabkan gangguan kesehatan bagi burung merpati hias. Kelebihan dari system koloni adalah keamanan burung lebih terjaga. Anda hanya perlu menyiapkan kandang yang cukup besar untuk budidaya merpati hias ini. Kelemahan dari system ini yaitu apabila ada salah satu burung yang sakit, maka penyakitnya mudah menular ke yang lainnya.

Sistem battery pada budidaya merpati hias

System yang bisa anda pilih untuk budidaya merpati hias dengan skala besar adalah system battery. Dengan sistem ini anda bisa membudidayakan burung hias ini dalam jumlah yang lebih besar. Anda harus membuat kandang model battery dengan ukuran sekitar 75x50x50 cm. jumlah yang dibutuhkan harus sesuai dengan jumlah burung yang akan dikembang biakan. Burung hias akan tinggal pada rumah mereka masing masing sehingga anda tidak perlu kawatir dengan kesehatan burung ini karena penyakit tidak mudah menular. Melakukan budidaya burung ini harus dengan ketelatenan dan memberikan perawatan yang serius, karena setiap usaha yang dijalani dengan serius akan menghasilkan keuntungan yang maksimal.

Budidaya Merpati Hias Sebagai Hobi Dan Peluang Usaha Rating: 4.5 Diposkan Oleh: baju bola