Selasa, 08 Desember 2015

Langkah Mudah Budidaya Cacing Sutra Yang Menguntungkan

Cacing sutra memang banyak dibutuhkan oleh para pembudidaya ikan konsumsi seperti ikan lele ataupun ikan hias. Cacing sutra ini merupakan sejenis cacing kecil yang tempat hidupnya berada diperairan air tawar. Bentuk cacing sutra memang menyerupai rambut berwarna kemerahan. Panjang cacing ini hanya sekitar 1-3 cm. Cacing sutra tampaknya menjadi sebuah peluang usaha yang bisa menjanjikan pundi-pundi keuangan. Hal tersebut berkaitan dengan meningkatnya permintaan ikan konsumsi yang semakin meningkat. Pasalnya pakan alami seperti cacing sutra akan menjadikan tumbuh kembang ikan menjadi lebih baik. Peluang bisnis cacing cacing sutra memang banyak di lirik orang-orang. Hanya dengan menyiapkan modal kecil siapapun bisa saja memulai bisnis ini.nah berikut ini akan di bahas mengenai Budidaya cacing sutra.

Teknik Budidaya Cacing Sutra Secara Mandiri

Cara pembudidayaan cacing sutra


Dalam melakukan Budidaya cacing sutra memang para pelaku bisnis dalam hal ini harus paham betul mengenai tempat pembudidayaan, makanan, hingga cara memanen ikan sutra. Dalam menyiapkan tempat hidup cacing sutra, terdapat syarat yang penting. Dimana cacing sutra ini hidup pada lumpur dengan kedalamannya mencapai 0-4 cm. selain itu pengaturan kadar air juga memegang peranan tersendiri terhadap kelangsungan kehidupan cacing. Parameter kualitas air yang tempat dalam mengembang biakan cacing adalah air dengan suhu 25-28 derajat celcius. Sedangkan pH air nya 5,5 hingga 8.0 dan kadar oksigen yang terlarut adalah 2.5 hingga 7.0 ppm. Selain itu usahakan terdapat air yang mengalir pada tempat pengembangan biakan tersebut. namun usahakan debit air yang mengalir tidak terlalu besar. 

Teknik budidaya cacing sutra yang pertama tentunya adalah persiapan bibit cacing. Dimana bibit cacing sutra bisa di dapatkan di toko ikan hias. Namun bisa juga dia ambil secara langsung dari habitat aslinya yaitu di sungai. Namun sebaiknya cacing yang akan di jadikan sebagai bibit hendaknya di karantina atau dipisahkan terlebih dahulu, kurang lebih selama 2-3 hari dengan dialiri dengan air yang bersih dan dengan debit air yang kecil. hal tersebut bertujuan agar bakteri patogennya menghilang. Selanjutnya Budidaya cacing sutra adalah menyiapkan media tumbuh cacing sutra yaitu kubangan lumpur dengan ukuran kurang lebih 1 x 2 meter. dengan dilengkapi sistem saluran keluar masuk air. 

Langkah selanjutnya dalam Budidaya cacing sutra adalah proses pemupukan lahan menggunakan dedak halus atau ampas tahu sebanyak 200 gram/ m2. Selain menggunakan bahan tersebut, bisa juga di buat sendiri. Cara yang pertama adalah menyiapkan kotoran ayam yang telah di jemur selama 6 jam. Sehingga menjadi kering dan gas nya telah menguap. Kemudian sediakan fermentor yang bisa di dapatkan di toko pertanian atau perikanan. Tahap selanjutnya adalah mengaktifkan bakteri dengan menambahkan ¼ sdm gula pasir, fermentor ke dalam air dan di diamkan selama kurang lebih 2 jam. Setelah itu campurkan 10 kg kotoran ayam yang telah di jemur dan di aduk secara merata. Sebelum di tabor di media, diamkan pupuk selama 5 hari pada wadah tertutup. 

Langkah Budidaya cacing sutra selanjutnya adalah dengan melakukan fermentasi. Dimana lahan di rendam dengan air setinggi 5 cm selama 3-4 hari. Setelah lahan di fermentasi kemudian bibit bisa d tebarkan. Penebaran sebaiknya secara merata. Selain itu penebaran bibit sebaiknya juga mendapat aliran air dengan debit air kurang lebih 2 hingga 5 liter/ detik. Dengan demikian lahan pengembangbiakan mendapatkan arus yang cukup lamban.

Langkah Mudah Budidaya Cacing Sutra Yang Menguntungkan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: baju bola