Selasa, 08 Desember 2015

Cara Terbaik Membudidayakan Bunga Krisan

Bunga krisan merupakan salah satu jenis bunga yang cukup populer di Indonesia. Selain memiliki banyak pilihan warna yang cerah dan mempesona, bunga krisan awet dan tahan lama. Di Indonesia bunga krisan ini sering kali digunakan sebagai karangan bunga ataupun untuk dekorasi ruangan. Selain di Indonesia, bunga krisan juga banyak diminati oleh masyarakat di seluruh dunia. Bahkan menurut keyakinan orang Cina, bunga krisan ini dipercaya dapat membawa kebahagiaan dan keberuntungan dalam keluarga. Banyaknya peminat bunga krisan inilah yang membuat budidaya bunga krisan ini, memiliki tempat tersendiri di dunia usaha.

Analisa Budidaya Bunga Krisan

Peluang Usaha Budidaya Bunga Krisan

Budidaya bunga krisan merupakan usaha yang cukup menjanjikan, serta memiliki masa depan yang baik. Selain cara budidaya dan perawatan yang mudah, bunga krisan memiliki profit usaha yang cukup tinggi, setara dengan bunga hias lainnya seperti mawar maupun melati. Selain itu permintaan bunga krisan ini juga sangat stabil, meskipun tumbuhan ini merupakan tumbuhan musiman, namun peminatnya tidak pernah berkurang.

Cara Membudidayakan Bunga Krisan

Tanaman Bunga Krisan

Meskipun budidaya bunga krisan cukup mudah, namun ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan ketika hendak memulai usaha ini, agar tanaman anda dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. Hal pertama yang harus anda siapkan adalah lahan tanam. Bunga krisan ini dapat hidup ideal di wilayah tropis dengan suhu 20º-26ºC pada ketinggian 700-1200 mdpl. Setelah memiliki lahan yang tepat, selanjutnya harus diolah agar media tanam menjadi gembur dan tambahkan dengan pupuk, agar tanah semakin subur dan biarkan kurang lebih 1 bulan, setelah itu buat menjadi guludan-guludan. Media tanam bunga krisan ini tidak tahan terhadap genangan air hujan namun membutuhkan pengairan yang sangat baik, sehingga disarankan menggunakan metode green house. 

Setelah lahan siap, selanjutnya proses penanaman bibit. Agar hasil budidaya bunga krisan semakin baik, pilih bibit tanaman yang berkualitas, sehat dan terbebas dari hama. Bibit yang siap untuk ditanam, setidaknya telah memiliki 4-5 daun yang telah berwarna hijau. Tanam bibit bunga krisan ini dengan kerapatan 70 tanaman per m². Agar bibit bunga dapat tumbuh dengan baik, perlu dilakukan perawatan dan pemupukan secara rutin. Penyiraman dilakukan setiap hari, yang perlu diperhatikan, penyiraman ini dilakukan hanya untuk membuat tanah lembab dan basah. Hindari penyiraman yang berlebihan karena akan membuat akar bunga membusuk dan mati. 

Dan pemupukan dilakukan secara rutin 2 minggu sekali setelah 1 bulan masa penanaman. Bunga krisan ini akan berbunga setelah berumur 3-4 bulan, dan dapat dipanen ketika bunga setengah mekar. Demikianlah ulasan terkait cara budidaya bunga krisan yang baik dan benar, semoga dapat bermanfaat dan menginspirasi anda..

Cara Terbaik Membudidayakan Bunga Krisan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: baju bola