Selasa, 05 Januari 2016

Budidaya Tiktok Sebagai Bisnis Yang Menjanjikan

Budidaya tiktok adalah sebuah usaha yang mampu memberikan peluang bagi yang ingin membuat usaha baru. Tiktok adalah sejenis itik pedaging yang biasa dijadikan bahan makanan direstoran atau dirumah-rumah makan. Itik biasanya ditemui di daerah pedesaan. Para peternak itik lebih mudah untuk merawat itik di daerah pedesaan karena ketersediaan lahan dan pakan yang melimpah di sawah. Ternak persilangan itik dan entog bisa dilakukan tidak hanya dipedesaan asalkan sesuai dengan prosedur.

Persilangan itik dan entok untuk budidaya tiktok

Budidaya Unggas Tiktok
Tiktok merupakan hasil persilangan itik dan entog. Tikto memiliki banyak keunggulan dibandingkan dengan itik atau entog pada umumnya. Persilangan dari itik dan entok akan menghasilkan tiktok yang lebih banyak menghasilkan telur dan daging. Perbedaan tiktok dengan itik biasa adalah pada daging dan telurnya. Daging tiktok tidak berbau amis seperti itik biasa. Persilangan dilakukan oleh itik betina dan entog jantan. Apabila entog betina dna itik jantan dikawinkan maka yang dihasilkan bukan tiktok seperti yang diharapkan dalam budidaya tiktok.

Keunggulan tiktok

Keunggulan dari budidaya tiktok selain dagingnya yang tidak amis yaitu produksi telur yang banyak. Daging tiktok juga lebih lembut dan empuk dibandingkan dengan itik biasa. Tiktok biasa dipanen dan bisa dipotong pada usia 10 minggu. Saat itu berat dari tiktok menjapai 2-3 kilogram. Pembudidayaan tiktok tidak terlalu sulit namun harus tetap memperhatikan aturan dan cara yang tepat agar usaha tiktok bisa berhasil. Ada beberapa cara yang harus diperhatikan dan diketahui bagi para peternak pemula sebelum memulai usaha tiktok.

Pengawinan tiktok

Cara yang biasa dilakukan dalam budidaya tiktok untuk mengawinkan entog dan itik adalah dengan inseminasi buatan. Anda bisa menggunakan jasa petugas IB untuk mengawinkan entok jantan dan itik betina. Proses ini tidak boleh terbalik, apabila yang dikawinkan adalah itik jantan maka hasilnya tentu bukan tiktok. Untuk mendapatkan bibit tiktok yang baik, biasanya dari 3 butir telur akan menghasilkan hanya satu ekor tiktok. Hal ini memang menunjukkan bahwa keberhasilan dalam penetasan dalam ternak tiktok relative rendah, namun tentu ada cara agar hasil tetasan bisa lebih banyak dengan mengikuti prosedur yang ada.

Fase hidup tiktok

Ada dua fase dalam pertumbuhan tiktok yaitu fase awal dan fase pertumbuhan. Fase awal pada tiktok adalah fase dimana tiktok masih berumur 0-3 minggu. Asupan pakan pada fase ini harus sangat diperhatikan agar tiktok memiliki ketahanan tubuh yang baik untuk berkembang. Tiktok juga harus mendapatkan penerangan pada malam hari supaya tidak kedinginan. Fase selanjutnya yaitu fase pertumbuhan. Tiktok pada usia 4-10 bulan membutuhkan biosekuritas, sanitasi, dan juga ventilasi yang baik. Hal ini akan menjadikan tiktok tumbuh secara optimal. Budidaya tiktok harus dilakukan dengan telaten. Terdapat tiga hal yang harus diperhatikan dalam pembudidayaan tiktok yaitu pakan, bibit dan juga pemeliharaannya. Apabila ketiga unsure tersebut terpenuhi maka tiktok yang dihasilkan akan optimal dan mampu memberikan keuntungan yang besar bagi pembudidaya.

Budidaya Tiktok Sebagai Bisnis Yang Menjanjikan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: baju bola