Rabu, 06 Januari 2016

Langkah Tepat Budidaya Pepaya Calina Bermutu

Memilih berbisnis dengan tanaman karena ketersediaan lahan kosong ini akan memberikan banyak manfaat untuk anda. Salah satunya jika bisnis tanaman yang dipilih tepat, maka hasil yang akan dimiliki akan maksimal. Namun selain memilih jenis tanaman, jenis pupuk, tanah dan bibit yang akan dipilih harus memiliki syarat yang dibutuhkan. Tanaman buah yang cocok dibudidayakan dengan akan kualitas mutu dan hasil yang akan dipanennya, anda bisa memilih buah pepaya calina. Buah pepaya ini saat ini memang sangat unggul, sehingga jika anda mampu dan berhasil untuk membudidayakannya maka ini akan sangat menguntungkan. Cara untuk budidaya pepaya calina sebenarnya sangat mudah seperti saat membudidayakan tanaman lainnya. Yang terpenting saat anda akan melakukannya bibit, lahan dan pupuk yang dipilih harus tepat dan memenuhi syarat.

Peluang Budidaya Pepaya 2016

Tanaman Pohon Pepaya Calina

 
Jika melihat hasil dari budidaya pepaya calina, buah yang dihasilkan ini akan tampak tidak terlalu besar, karena berat dari buahnya hanya mencapai 0,8 kg hingga 2 kg. Namun buah ini memiliki kulit tebal dengan tubuh yang agak lonjong. Bahkan warna dari buahnyapun juga kuning dengan rasa yang sangat manis, daging tebal dan teksturnya sangat kenyal.

Langkah Budidaya Pepaya Calina

Untuk membudidayakan pepaya calina ada beberapa proses dan langkah mudah yang bisa anda lakukan. Namun sebelum melakukan akan budidaya pepaya calina ini, perlu diketahui bahwa tanaman buah pepaya ini memiliki usia yang pendek dan bahkan sangat pendek jika dibandingkan dengan jenis pepaya atau tanaman buah lainnya. Tanaman ini juga harus ditanam di tanah yang subur, dan sedikit berpasir. Tingginyapun hanya akan mencapai maksimal di batas 700 m. Untuk menanam buah ini diperlukan kelembaban tanah yang berukuran 6-7 pH, dengan suhu 25-30 derajat celcius dan curah hujannyapun harus mencapai 1000 mm hingga 2000 mm. Namun hebatnya, pepaya calina ini akan mampu bertahan hidup selama kurang lebih 4 tahun.
Beberapa langkah tepat yang bisa anda lakukan untuk mendapatkan hasil panen dari budidaya tanaman pohon pepaya calina yaitu:

1. Pemilihan Bibit

Untuk pemilihan bibit pepaya calina tentunya harus dipilih bibit unggul dan cara untuk melakukannya bisa dilakukan seperti pada jenis budidaya pepaya lainnya. Selain itu, anda juga bisa langsung membeli bibi yang sudah jadi sehingga anda bisa langsung untuk menanamnya. Tapi pastikan bahwa bibit unggullah yang sudah anda pilih.

2. Mempersiapkan Lahan Untuk Tanaman

Jika anda memiliki lahan kosong dengan kelembaban pH tanah yang bagus maka ini akan bisa anda manfaatkan. Ukuran untuk penanaman tanaman pepaya calina untuk dibudidaya harus memiliki ukuran 60 x 60 x 50 cm dengan jarak tanamnya 2,5 m x 2,5 atau juga bisa menggunakan ukuran 2,5 m x 2,75 m. Tanah yang sudah dilubangi sebelumnya harus didiamkan terlebih dahulu selama kurang lebih 15 hari, sebelum tanaman ditanam dan tanah ditutup kembali. Untuk pupuk terbaik yang bisa digunakan, anda bisa memilih pupuk kandang/ kompos untuk digunakan.

3. Cara Menanam

Langkah selanjutnya adalah proses atau cara menanam, untuk melakukannya anda harus benar-benar hati-hati saat akan memindahkan bibit pepaya calina dari polybag yang awalnya biji kering ditanam disana dan tumbuh selama 1,5 bulan, untuk dipindahkan ke tanah yang sudah disiapkan selama 15 hari tadi. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, 1 hari sebelum penanamannya lahan yang digunakan bisa diberi air dan untuk langkah penanaman tanaman nya dilakukan saat sore hari.

4. Cara Memelihara

Langkah ini seringkali menjadi kendala dan sulit dilakukan saat melakukan budidaya pepaya calina. Karena untuk menjaga dari ham ataupun penyakit maka anda harus benar-benar waspada dan teliti untuk terus mengamati akan tanaman pohon pepaya yang akan dihasilnya. Namun, ada beberapa kiat sukses untuk mencegahnya yaitu dengan cara penyulaman jika tanaman terdapat hama. Setelah itu, anda bisa memberikan pupuk kembali dengan memilih pupuk NPK sebagai pilihannya.

5. Memanen

Langkah terakhir adalah proses cara memanennya. Saat akan memanen pepaya calina sebaiknya dilakukan setelah tanaman berusia antara 8 hingga 9 bulan, dengan posisi buah yang terlihat sudah tampak menguning. Untuk cara memanen saat melakukan budidaya dari pepaya calina anda bisa menggunakan gunting pangkas, pisau atau benda tajam lainnya. Dan untuk melakukan panennya ini diberikan waktu 10 hari dalam sekali panen. Untuk menjaga buah supaya terlihat bagus, saat memanen hindarkan buah dari sinar matahari dan bisa diberi alas berupa plastik. 

Itulah wacana dan informasi mengenai budidaya pepaya calina yang bisa menjadi salah satu langkah untuk membuka usaha bisnis menguntungkan di Indonesia. Semoga bermanfaat dan berhasil.

Langkah Tepat Budidaya Pepaya Calina Bermutu Rating: 4.5 Diposkan Oleh: baju bola