Senin, 11 Januari 2016

Budidaya Semut Jepang Sangat Mudah

Semut Jepang kini banyak dimanfaatkan untuk terapi penyembuhan berbagai jenis penyakit, mulai dari asam urat, diabetes, stroke, jantung, meningkatkan gairah seksual sampai dengan untuk mengatasi sesak nafas. Melihat prospek dan keuntungan dari semut jepang ini, maka tak heran jika kini semakin banyak yang membudidayakan semut jepang ini. Pembudidayaan semut jepang ini sendiri sebenarnya tak terlalu sulit untuk dilakukan, hanya perlu keseriusan, keuletan dan ketekunan. Lantas seperti apakah tahapan dalam budidaya semut jepang? Simak ulasan singkat berikut.

Cara Budidaya Semut Jepang 2016

Tahap awal budidaya semut jepang

Dalam melakukan budidaya semut jepang, yang pertama harus dilakukan adalah menyiapkan indukan semut jepang, toples plastik atau bisa juga toples kaca yang diberi lubang yang bertujuan sebagai lubang udara bagi semut agar semut tak kekurangan pasokan udara. Selain itu siapkan juga bulatan kapas steril berbentuk bulat, sebaiknya gunakan kapas biasa dan jangan gunakan kapas untuk kosmetik yang berbentuk kotak. Siapkan juga ragi tape yang sering digunakan sebagai fermentasi pada tape, ragi tersebut merupakan pakan bagi semut jepang nantinya.
Dalam budidaya semut jepang bibit yang harus disiapkan paling tidak sebanyak 30 ekor, jika lebih banyak justru malah akan semakin bagus karena perkembangbiakan dari semut jepang juga akan menjadi semakin banyak dan cepat. Untuk toples yang digunakan sebaiknya adalah toples yang bersih dari debu. Tempat pembudidayaan ini sebaiknya berada di ruangan atau tempat yang bersuhu sejuk kurang dari 30 derajat. Usahakan agar tempat pembudidayaan terhindar dari sinar matahari langsung dan pastikan tempat tersebut mempunyai sirkulasi udara yang baik.

Hal yang perlu diperhatikan dalam budidaya semut jepang

Dalam budidaya semut jepang, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, diantaranya adalah tempat untuk menampung semut jepang tersebut tidak boleh terkena air atau basah. Dan pastikan agar tempat tersebut tak bisa dijangkau oleh semut merah, untuk mengantisipasi hal tersebut disekeliling tempat penampungan semut jepang bisa diberi kapur pengusir serangga. Pastikan juga kapas yang digunakan dalam pembudidayaan semut jepang ini merupakan kapas yang benar-benar steril dari kandungan bahan kimia. 

 
Selain itu, dalam budidaya semut jepang juga harus memperhatikan masalah pemberian pakan. Pemberian pakan pada semut jepang bisa dilakukan 3 hari sekali sebanyak 1 butir ragi tape atau bisa juga disesuaikan dengan banyaknya semut. Satu butir ragi idealnya adalah untuk sumber makanan bagi 50 sampai 200 ekor semut. Satu hal lagi yang perlu diperhatikan adalah jangan sampai toples atau tempat penampungan semut merah ini terkena sinar matahari langsung, karena semut akan menjadi sangat agresif dan berusaha mencari jalan keluar dan akhirnya bisa mati jika dibiarkan dalam waktu lama.

Budidaya Semut Jepang Sangat Mudah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: baju bola