Sabtu, 16 Januari 2016

Budidaya Stevia - Hal Penting Yang Perlu Anda Ketahui Tentang

Sebelum mengulas dan berbicara lebih jauh tentang budidaya stevia, penting kiranya mengetahui stevia itu sendiri. Secara umum langkah budidaya stevia dimaksudkan guna memperoleh produk pemanis makanan. Dengan kata lain, stevia merupakan alternatif gula sintetis yang tentunya aman bagi tubuh. Mengetahui peran dan pentingnya stevia dalam kebutuhan sehari-hari, anda mungkin tertarik untuk mengisi pekarangan anda dengan tanaman jenis tersebut. Artikel ini sangat bermanfaat bagi anda yang berniat mengisi lahan pekarangan anda dengan stevia. Berikut adalah hal-hal yang perlu anda ketahui terkait pembudidayaan tersebut.

Pedoman Cara Budidaya Stevia

Budidaya Stevia: Penanaman, Perawatan dan Pasaran

Yang akan diulas pertama kali terkait budidaya stevia yaitu pemeliharaannya. Ada tiga macam perawatan yang harus anda berikan pada stevia. Salah satunya yaitu pemupukan untuk menjamin pertumbuhan tanaman tersebut secara maksimal. Yang kedua yaitu lakukanlah pemangkasan terhadapnya sedangkan yang ketiga yaitu berantaslah hama penyakit sebagai pengganggu stevia anda. Selanjutnya yang perlu diperhatikan yaitu paska panen daunnya. Pada fase ini pililah daun yang telah dipanen kemudian keringkan. Terlambatnya proses pemipilan dapat berdampak pada manisnya stevia tentunya. 

Selanjutnya yang akan disampaikan dalam artikel mengenai budidaya stevia yaitu cara bercocok tanam dan potensi pasarnya. Cara penanaman yang tepat memang berpengaruh bear terhadap maksimalnya pertumbuhan stevia. Yang paling krusial disini yaitu pertimbangan kondisi lahan yang mana haruslah lahan yang subur yang didukung dengan pupuk berkualitas. Di samping itu, pemilihan bibit juga menjadi faktor utama yang perlu dipertimbangkan. Untuk memperoleh bibit berkualitas terbaik anda dapat bertanya-tanya kepada penjualnya. Biasanya harga yang dikeluarkan untuk bibit tersebut tergolong tinggi tetapi itu semua merupakan investasi anda. Adapun untuk potensi pasarnya daun stevia memiliki permintaan yang tergolong tinggi karena dapat menjadi alternatif pemanis buatan dengan kualitas lebih sehat dan harga lebih murah.

Budidaya Stevia: Pengeringan dan Pembersihan Pasca Panen

Yang akan dibicarakan selanjutnya mengenai budidaya stevia yaitu tips pengeringan dan pembersihan daunnya. Untuk tips pengeringan daun yang pertama yaitu dengan memilih dahulu daun mana yang akan dikeringkan. Potonglah daan dengan tinggi kira-kira 10 cm dan panenlah daunnya. Hindari daun yang sudah terkontaminasi pestisida pastinya. Untuk pembersihan daunnya anda dapat mencucinya hingga bersih dengan air bersih tentunya. Hal ini dimaksudkan agar tidak tertinggalnya pestisida di daun tersebut. 

Setelah anda mengetahui kiat-kiat budidaya stevia di atas, masih ada beberapa hal yang perlu anda ketahui dalam budidaya stevia. Setelah daun stevia anda bersihkan, kain bersih, handuk, atau tisu sangat diperlukan dalam mengeringkan daun stevia tersebut dari sisa-sisa air pembersihan. Meskipun sebagian besar orang hanya meniriskan, hal itu memang butuh waktu lama sehingga handuk atau kain menjadi pilihan tepat. Tidak hanya itu dalam pengeringannya anda harus menjemurnya dengan benar di bawah sinar matahari langsung. Durasi berapa lama daun tersebut dijemur sangat penting untuk mendapatkan pengeringan yang maksimal.

Budidaya Stevia - Hal Penting Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Rating: 4.5 Diposkan Oleh: baju bola