Jumat, 15 Januari 2016

Panduan Bagaimana Budidaya Sirih Merah Terbaik

Jika anda mencari obat herbal, sirih merah merupakan salah satu yang banyak dikenal masyarakat. Tidak perlu repot untuk memperolehnya karena budidaya sirih merah telah banyak dilakukan. Akan tetapi, dalam proses budidaya sirih merah, perlu cara-cara yang sesuai agar tanaman tersebut dapat tumbuh sehat dan berdaun banyak. Daun sirih tersebut sangat vital karena bagian tersebutlah yang akan dimanfaatkan. Dibawah ini akan dibagikan kisi-kisi terkait budidaya tanaman tersebut.

Cara Budidaya Sirih Merah

Cara Perbanyakan dalam Budidaya Sirih Merah


Anda mungkin penasaran mengenai bagaimana budidaya sirih merah yang tepat sesuai petunjuk kami. Yang pertama yaitu budidaya perbanyakan sirih merah. Pada dasarnya sirih merah suka tempat ternaungi. Selain di bawah pohon dan hutan, daerah berhawa sejuk merupakan titik yang ideal untuk berkembangnya tanaman tersebut. Untuk porsi sinar matahari, dibutuhkan 60 sampai 75 persen sinar matahari. Jika di tempat teduh daunnya dapat melebar sedangkan warna merah cantik terpancar dari balik daunnya. Namun, terlalu banyak sinar matahari dapat membuat batangnya mengering dengan cepat. Sebaliknya, jika terlalu banyak terkena air batang dan akarnya akan membusuk. 

Budidaya sirih merah dapat dilakukan dengan perbanyakan atau pembibitan. Untuk mekanismenya dapat dilakukan jika tanaman tersebut telah mulai menjalar ataupun berkembang dengan pesat. Jika daunnya akan anda fungsikan sebagai obat, sebaiknya hindari penggunaan pestisida dalam menangkal hama. Di sini musuh utama dari sirih merah yaitu bekicot kecil, semut dan keong. Adapun cara alternatif dari penanaman sirih yaitu dengan metode stek dan cara ini merupakan yang termudah, khususnya bagi pemula. Anda dapat memulainya dengan menyediakan polybag yang berdiameter sekitar 10 cm dan bagian bawahnya terlubangi. Ambil batang sirih merah yang telah tua dan potong batangnya sekitar dua ruas. Rendam potongan tersebut ke air sekitar 15 menit kemudian masukkan stek ke media tanam anda. Letakkan steknya di tempat teduh dengan cahaya matahari sekitar 60 persen.

Cara Pemanenan Budidaya Sirih Merah

Sekarang tibalah saat nya untuk proses pemanenan sebagai rangakaian dari budidaya sirih merah. Anda dapat melakukannya jika sirih merah tersebut setidaknya berusia 4 bulan dimana tanaman itu terdiri 16 hingga 20 tahun. Daun yang subur itu berukuran 10 dan 5 cm yang jika dipegang akan terasa kaku dan tebal. Semakin daun itu berwarna tua makan semakin tebal sehingga semakin kakulah daunnya. Yang perlu diingat ketika memanen daun sirih merah yaitu hindarilah memetik daun sirih yang telah terkena percikan tanah, apalagi ketika musim hujan. 

Sebagai tambahan dari pemanenan sirih merah dalam budidaya sirih merah yaitu pemetikan daun dianjurkan diawali dari bagian bawah ke atas. Untuk meminimalkan debu atau kotoran yang menempel petiklah daun tersebut kira-kira 50 cm di atas permukaan tanah.

Panduan Bagaimana Budidaya Sirih Merah Terbaik Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sang Pelindung