Rabu, 09 Desember 2015

Tips dan Cara Budidaya Tanaman Hias Adenium

Adenium merupakan tanaman yang berasal dari kawasan Afrika. Namun di Indonesia adenium ini mendapat sebutan Kamboja Jepang. Memang tidak ada kaitannya sama sekali dengan negara Jepang. Pasalnya asal tanaman ini adalah kawasan di Eden di Yaman di benua Afrika. Tanaman ini memang banyak di minati masyarakat Indonesia sebagai salah satu penghuni taman dengan bentuk yang unik. Adenium memang cocok sekali di jadikan bonsai. Dimana struktur akar dan tanaman Bunga adenium memang berumbi. Di situlah tempat menyimpan air sebagai cadangan ketika kekeringan. Terdapat beberapa trik dan cara dalam budidaya adenium, agar adenium tumbuh subur dan bisa berbentuk bonsai.

Teknik Budidaya Adenium

Penanaman Dan Budidaya Tanaman Hias Adenium


Penanaman tanaman hias adenium memang cocok di tempat yang kering. Hal tersebut memang terlihat mudah namun sebenarnya dalam budidaya adenium memerlukan beberapa hal yang perlu mendapat perhatian lebih. Salah satunya adalah media tanah dari tanaman adenium yang di jaga agar tetap kering. Pasalnya media tanah yang lembab kurang cocok untuk tanaman hias adenium ini. Sebaliknya jagalah media tanah adenium untuk tetap kering. 

Selain itu yang tak kalah penting dalam budidaya adenium adalah meletakkan pot adenium pada area yang mendapatkan sinar matahari secara langsung. Hal tersebut berkaitan dengan tingkat kesuburan adenium yang tinggi apabila di letakkan pada tempat yang kering serta mendapatkan akses matahari yang cukup banyak. Dengan demikian anda harus menghindarkan dari tempat yang lembab, apalagi saat musim hujan, sebaiknya air hujan jangan langsung mengenai tanah adenium secara berlebihan. Hal tersebut akan menyebabkan cadangan air pada akar menjadi meningkat. Akibatnya akar adenium menjadi membusuk dan mati. 

Budidaya adenium membutuhkan pot yang besar dan kuat. Pasalnya akar adenium ini nantinya akan berukuran besar dan banyak. Dengan demikian akar-akar adenium ini akan tertampung pada pot yang besar tersebut. selain itu memilih media tanam juga menjadi bagian penting dalam cara budidaya adenium. Adenium akan tumbuh subur dengan perpaduan media tanam diantaranya pasir, arang sekam, dan pupuk kompos. 

Budidaya adenium sebenarnya juga bisa di lakukan di tanah secara langsung. Namun anda perlu memperhatikan jenis tanah yang akan di jadikan sebagai media tanam adenium tersebut. usahakan jenis tanah tersebut tidak mudah dalam menyerap air. Langkah awal menanam adenium adalah dengan membuat lubang untuk meletakkan bibit. Kemudian biarkan lubang tersebut dalam beberapa hari, dengan tujuan agar menghilangkan gama di sekitar area tersebut. Kemudian beri pupuk kompos untuk area tanah media tanam adenium agar lebih subur. Selain pemberian arang sekam juga akan membuat pertumbuhan adenium juga menjadi lebih Nah itulah beberapa cara dalam penanaman adenium yang benar.

Tips dan Cara Budidaya Tanaman Hias Adenium Rating: 4.5 Diposkan Oleh: baju bola