Rabu, 09 Desember 2015

Cara Mudah Budidaya Labu Siam Bagi Pemula

Siapa yang tidak kenal dengan labu siam. Semua hampir mengenal tanaman ini. Tanaman ini buahnya biasa dijadikan sayuran untuk lauk makan kita. Labu siam ini juga banyak dibudidayakan oleh para petani kita. Perlu anda ketahui bahwa cara tanam dan budidaya labu siam ini sangat mudah. Tidak membutuhkan perawatan yang ribet dan rumit. Hama tanaman ini juga sedikit. Bagaimanakah cara menanam dan membudidayakan labu siam yang baik dan benar itu? Pastinya anda tidak sabar untuk mengetahuinya.

Analisa Budidaya Labu Siam

Persiapan budidaya labu siam


Labu siam merupakan tanaman merambat. Buah labu siam memiliki bentuk bulat dengan kulitnya bergelombang-gelombang. Tanaman ini merupakan tanaman daerah tropis sehingga tanaman ini sangat cocok dan subur tumbuh di tanah Indonesia. ketika akan membudidayakan tanaman labu siam maka anda perlu mempersiapkan lahan yang akan dijadikan tempat untuk menanamkan labu siam. Luas lahan tergantung jumlah labu yang akan ditanamkan. Itulah persiapan labu siam yang pertama.
Persiapan budidaya labu siam kedua anda harus menyiapkan benih. Perkembang biakan labu siam menggunakan buahnya. Maka dari itu anda harus mencari buah labu siam yang tua. Jika anda tinggal di kota maka anda bisa membeli labu siam yang sudah tua di pasar. Namun jika anda tinggal di desa benih labu siam ini bisa anda dapatkan dari tetangga dengan meminta atau membeli. Setelah benih anda dapatkan anda biarkan hingga labu siam mengeluarkan tunas baru.

Budidaya labu siam dan cara merawatnya

Sesudah tunas baru muncul pada benih-benih labu siam maka langkah selanjutnya adalah anda menanamkan ke lahan yang sudah anda siapkan. Sebelumnya lahan disiangi agar menanamnya tidak kerepotan. Karena pohon labu siam nanti akan merambat dan batang-batang dan daunnya dapat melebar atau mengembang banyak maka penanaman labu siam ini jangan terlalu dekat-dekat. Kira-kira penanaman labu siam antara labu siam yang satu dengan yang lain diberi jarak 2 meter. 

Setelah tunas-tunas labu siam sudah agak panjang kira-kira 6 cm jangan lupa untuk diberi bambu disampingnya untuk tempat rambatan labu. Ingat, dalam budidaya labu siam ini harus diberi rambatan agar tidak merambat di tanah. Apakah ada pengaruhnya terhadap hasil buahnya antara merambat di tanah dengan merambat di tempat (bambu) menjalar? Tidak ada pengaruhnya. Hanya saja jika labu siam menjalar di tanah tidak terlihat rapi. Labu siamnya pun menjadi kotor karena tinggal di atas tanah. Tanaman labu siam bukanlah tanaman yang tahan hama dan tidak berhama. Tanaman ini juga ada hamanya. Apakah hamanya? Hamanya bisa ulat dan wereng. Maka dari itu anda harus waspada dan teliti terhadap hama. Jika tanaman labu siam terindikasi terkena hama maka segeralah tanaman tersebut diberi penyemprotan obat anti hama.

Cara Mudah Budidaya Labu Siam Bagi Pemula Rating: 4.5 Diposkan Oleh: baju bola