Selasa, 15 Desember 2015

Cara Budidaya Kelinci Pedaging Yang Benar

Jika anda ingin mencoba bisnis baru, budidaya kelinci pedaging bisa menjadi salah satu opsi berbisnis anda. Hal ini dikarenakan saat ini permintaan pasar terhadal daging kelinci sedang mengalami peningkatan sehingga bisnis ini saat ini sedang terbuka lebar untuk mendapatkan keuntungan yang melimpah. Sebenarnya pembudidayaan kelinci pedaging itu tidaklah sulit. Asalkan tahu tentang apa saja hal penting dalam budidaya, sudah pasti anda akan segera mendapatkan budidaya anda berhasil dan mendatangkan keuntungan yang melimpah ruah untuk anda. Berikut ini adalah hal-hal penting untuk budidaya kelinci yang harus anda perhatikan dan persiapkan.

Artikel Budidaya Kelinci Pedaging

budidaya kelinci pedaging dengan memilih bibit yang tepat

budidaya kelinci pedaging

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari budidaya atau ternak kelinci pedaging ini anda harus mengetahui tentang beberapa hal penting yang berkaitan dengan budidaya kelinci ini. Hal pertama yang harus anda perhatikan ketika anda ingin melakukan budidaya kelinci pedaging adalah anda harus tahu tentang jenis kelinci pedaging itu sendiri. Tentu ini menjadi hal yang sangat penting karena pada awal pembudidayaan, anda harus memilih bibit mana yang akan anda gunakan. Untuk kelinci pedaging hendaknya anda memilih kelinci yang berbobot berat, berdaging banyak, sehat, tidak cacat dan tidak mudah stress. Untuk kelinci pedaging biasanya dipilih kelinci New Zealand white, kelinci local, kelinci jawa dan kelinci flam.

budidaya kelinci pedaging dengan membuat kandang yang benar

Tidak hanya bibit saja yang harus anda perhatikan ketika anda ingin mendapatkan hasil budidaya yang maksimal. Kandang untuk kelinci juga menjadi hal penting lain yang harus anda siapkan. Budidaya kelinci pedaging anda akan menghasilkan hasil yang memuaskan dengan memberikan kandang yang sesuai kepada kelinci-kelinci anda. Untuk membuat kelinci anda tetap dalam kondisi yang sehat dan tidak stress, letakkan kandang kelinci anda ditempat yang tenang, luas, terhindar dari polusi dan suhu yang sesuai. Suhu untuk kandang kelinci adalah 21◦C, sirkulasi udara yang baik dan juga pencahayaan minimal 12 jam. Untuk hasil yang maksimal, lebih baik pisahkan antara kandang anak, betina dan juga jantan. Untuk ukurannya yang ideal adalah 200 x 70 x 70 cm yang bisa menampung 12 ekor kelinci betina atau 10 ekor kelinci jantan. Untuk kandang anak adalah 50 x 30 x 45 cm.

Perawatan yang tepat budidaya kelinci pedaging

Setelah tahu tentang apa saja yang harus disiapkan, berikutnya yang harus anda siapkan adalah cara perawatan kelinci yang baik. Budidaya kelinci pedaging akan berjalan dengan lancar jika anda tahu tentang bagaimana pemberian pakan dan juga perawatan yang tepat bagi kelinci. Hal pertama yang harus anda pastikan pada kelinci anda adalah pastikan jika kelinci tersebut tidak sedang dalam kondisi sakit. Jika kelinci anda mendadak berubah menjadi lesu dan nafsu makannya turun, lebih baik segera pisahkan dengan kelinci yang lain dan berikan pengobatan secepat mungkin. 

Pembudidayaan kelinci jenis pedaging ini untuk perawatannya anda harus memberikan pakan yang berkualitas. Berikan pakan seperti kangkung, sawi, daun kacang, biji-bijian, kol, rumput gajah dan juga sebagainya yang merupakan tanaman hijau. Untuk budidaya kelinci pedaging ini anda harus rutis memberikan makan pada kelinci pada pagi, sore dan malam hari. Dengan demikian anda sudah pasti mendapatkan hasil yang maksimal untuk kelinci anda.

Cara Budidaya Kelinci Pedaging Yang Benar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: baju bola