Minggu, 06 Desember 2015

Mengais Untung Dengan Usaha Budidaya Labu Air Yang Benar

Labu atau yang sering disebut dengan walu. Nama labu ini dalam bahasa jawa disebut dengan walu. Labu ini memiliki berbagai macam jenis seperti misal ada labu kuning, labu siam, dan labu air. Di negara indonesia yang beriklim tropis menjadi tempat yang cocok untuk hidup dan berkembangnya tumbuhan walu atau labu air. Sehingga jika anda memiliki minat atau keinginan untuk melakukan budidaya labu air ini anda bisa melakukannya. Pertanyaannya adalah bagaimanakah cara melakukan budidaya labu air itu? Sudahkah anda tahu budidaya labu air

Gambar Tanaman Labu Air

Dalam kesempatan ini saya akan menyampaikan kepada anda tentang bagaimana cara melakukan usaha budidaya labu air. Pastinya anda tidak sabar untuk mengetahuinya. Budidaya labu air tidak jauh berbeda dengan budidaya labu kuning dan labu siam. Budidaya labu air ini membutuhkan ketekunan, keseriusan dan kefokusan agar hasil yang diperoleh dari tanaman ini maksimal. Modal yang dibutuhkan untuk memulai usaha budidaya tanaman ini juga tidak terlalu banyak.

Modal utama dalam usaha budidaya labu air

Segala usaha atau bisnis pasti harus ada modal. Besar tidaknya modal tergantung jenis usaha dan besar kecilnya usaha yang akan dijalankan. Lha untuk usaha budidaya labu air ini modal yang anda butuhkan tidaklah besar. berapa? Kurang lebih modal yang disediakan kurang dari 1 juta. modal utama yang harus disediakan adalah bibit labu air. Bibit labu air jika anda tinggal di desa anda bisa meminta ke tetangga. Jika itu tidak bisa membeli. Membeli bibit labu tidak menguras uang banyak.

Selanjutnya adalah media tanam.dalam budidaya labu air dibutuhkan media tanam berupa tanah. Media tanam ini adalah berupa tanah yang lumayan luas. Jika anda tidak memiliki lahan sendiri anda bisa membeli atau menyewa tanah (dikenal dengan beli garapan sawah/tanah). Media tanah yang akan ditanami dengan labu air ini perlu diolah dulu dengan dibalik-balikan tanahnya dengan menggunakan cangkul. Bila sudah media tanah ditaburi dengan pupuk kandang dan diamkan selama beberapa minggu supaya tanah menjadi subur.

Cara menanam labu air

Untuk bibit labu air. Bibit labu air diperoleh dari biji labu air yang sudah tua. Cara menanam labu air ini adalah dengan cara anda membuat lubang-lubang kecil dengan memberi jarak sekitar 0,5 m x 0,5 m. Kemudian biji labu air dimasukkan ke dalam lubang tersebut dan jangan lupa and tutup agar biji labu air aman dari semut, ayam dan binatang pemakan biji-bijian. Setiap sore dan pagi, utamanya, sore tanaman-tanaman tersebut jangan lupa anda sirami jika lahannya kering. Setelah 2-3 minggu tunas labu air akan tumbuh. Siapkan bambu atau kayu yang kuat untuk empat merambatnya labu air. Sebab tanaman ini hidup merambat atau menjalar. Jika tidak maka bisa anda biarkan tanaman ini merambat /menjalar di tanah. Anda juga perlu teliti dan waspada dengan penyakit hama yang menyerang labu air, jangan sampai anda terlena yang menyebabkan tanaman ini mati atau gagal panen. Tanaman labu air akan berbuah jika sudah tumbuh besar. buahnya yang sudah siap dipanen jika buahnya sudah berukuran bulat panjang dan besar. jika sudah demikian maka labu air siap dipetik dan dijual. Begitulah cara budidaya abu air yang perlu anda ketahui.

Mengais Untung Dengan Usaha Budidaya Labu Air Yang Benar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sang Pelindung